Flash InfoTechno

Fitur Pembatasan Undangan Grup WA Lindungi Privasi

0
Chat Lock whatsapp
logo whatsapp

STARJOGJA.COM, TEKNO – Fitur Pembatasan Undangan Grup WA Diharapkan Lindungi Privasi. Facebook Indonesia mengharapkan fitur Pembatasan Undangan Grup WA dapat membantu mengurangi penyebaran mis-informasi dalam aplikasi berbagi pesan tersebut.

“Penambahan fitur itu merupakan hasil diskusi kami dengan sekelompok masyarakat dan pemerintah. Kami mempunyai tantangan bagaimana meningkatkan komitmen untuk memerangi mis-informasi,” kata Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari seusai bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Jakarta, Kamis (7/11/2019).

WhatsApp membuat fitur privasi terbaru berupa kendali bagi pemilik akun untuk menentukan siapa saja yang bisa mengundang pemilik akun itu untuk masuk ke sebuah grup.

Pengguna bisa mengatur jika tidak ingin diundang masuk ke sebuah grup oleh orang tertentu yang berada di daftar kontak. Sebaliknya, pengguna juga bisa mengatur bahwa mereka mau diundang masuk ke grup oleh siapa saja dalam kontaknya.

BACA JUGA : Mulai Februari 2020, Android dan iOS Versi Ini Tak Bisa Lagi Gunakan Whatsapp

Fitur itu, menurut Ruben, merupakan langkah pencegahan agar pengguna tidak terjebak masuk ke dalam sebuah grup WhatsApp yang tidak dikehendaki.

Fitur baru di WhatsApp itu mirip dengan aturan berbagi privasi konten di Facebook dan Instagram. Kedua aplikasi media jejaring sosial itu tersebut sudah lebih dulu menyediakan kendali kepada pengguna untuk mengatur dengan siapa mereka berbagi konten, termasuk foto dan video.

Perusahaan Facebook belum bisa menjelaskan seperti apa efektivitas setelan privasi terbaru di WhatsApp untuk mengurangi mis-informasi karena fitur itu baru diluncurkan.

“Itu adalah langkah preventif. Tapi, kalau untuk mengukur dampaknya sangat sulit karena mis-informasi dan bagaimana itu dicerna oleh pengguna berbeda, sangat relatif,” kata Ruben.

Setelan privasi untuk membatasi undangan masuk grup dirilis secara global mulai Kamis dan secara bertahap hingga dalam sepekan seluruh pengguna akan mendapatkan fitur itu.

Aplikasi perpesanan WhatsApp meluncurkan setelan  dan sistem pengundangan baru yang dapat menentukan siapa yang dapat bergabung ke dalam grup percakapan guna lebih mengefektifkan sistem pengamanan di aplikasi.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna dapat membuka pengaturan atau setelan dalam aplikasi, kemudian ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu opsi yang disediakan, yakni ‘Semua Orang’, ‘Kontak Saya’, atau ‘Kontak Saya Kecuali’.

Adapun, opsi ‘Kontak Saya’ hanya mengizinkan seseorang yang terdapat di dalam daftar kontak seorang pengguna yang dapat menambahkan pengguna tersebut ke dalam ke dalam grup.

Sementara ‘Kontak Saya Kecuali’ menawarkan pengaturan tambahan untuk mengatur siapa saja yang terdapat di dalam kontak seorang pengguna yang dapat menambahkan pengguna tersebut.

Adapun, bagi admin yang tidak dapat menambahkan seorang pengguna ke dalam grup akan diminta mengirimkan undangan pribadi melalui chat individu, yang memberikan seorang pengguna pilihan apakah berminat untuk bergabung ke dalam grup.

Pengguna juga memiliki waktu 3 hari untuk memutuskan menerima undangan tersebut.

49.110 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Progo

Previous article

Peserta BPJS Kesehatan di Kulon Progo Mulai Turun Kelas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info