Info KopiKOPIKUKota JogjaNews

BI Dukung Kopi Menoreh Jadi Produk Global

0
kopi menoreh

STARJOGJA.COM. JOGJA – Bank Indonesia ( BI) dukung kopi Menoreh jadi produk global. Kopi icon Kulonprogo ini dikenal memiliki cita rasa unik. Dukungan itu diwujudkan dengan menggelar Grebeg Latte Art di Plaza Ambarrukmo, Sleman, Sabtu (16/11/2019). Ini merupakan rangkaian Grebeg UMKM DIY 2019 yang digelar Bank Indonesia DIY.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hilman Tisnawan mengatakan dalam Grebeg Latte Art, sebanyak 56 peserta barista yang ada di DIY diadu kemampuannya dalam membuat latte art. Mereka menggunakan espresso yang dibuat dari kopi Menoreh.

“Kami ingin kopi DIY ini memiliki nilai tinggi. Berbeda ketika hanya menjual kopi mentah. Nilainya tidak bisa setinggi ketika menjual experience. Saat pengalaman ngopi bertemu dengan industri wisata itu bisa memincu pertumbuhan ekonomi di banyak sektor di DIY,” kata Hilman kepada Star jogja FM ketika ditemui di Plaza Ambarrukmo, Sabtu.

Menurutnya, Untuk mengangkat potensi ini, sejak tahun 2018, Bank Indonesia DIY memiliki kegiatan pendampingan klaster LED Kopi Menoreh integrasi sektor pariwisata . Unit binaan ini ada di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo dengan kelompok tani binaan yaitu KT. Margo Mulyo.

“Salah satu keunggulan Kopi lokal ini adalah Body Coffee yang berpadu dengan aroma coklat menjadi ciri khas untuk kopi ini,” ujar dia.

Dengan adanya pendampingan ini diharapkan bisa meningkatkan penghasilan para petani kopi yang ada di Kulonprogo.

“Kita lakukan pendampingan supaya petani dapat mengelola secara profesional dan mampu meningkatkan pendapatnya sehingga petani dapat sejahtera,”pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Sekda Perekonomian dan Pembangunan Pemda DIY Tri Saktiyana yang membuka acara kompetisi barita ini menyampaikan apresiasi dan mendukung kegiatan pendampingan yang dilakukan Bank Indonesia DIY. Ia menjelaskan dilihat dari ekonomi dunia, nilai tambah bisa dipetakan dalam tiga area.

“Untuk kopi Menoreh dan kopi di daerah lain di DIY harus diangkat ke grade tinggi jangan hanya jadi komoditas alam dan manufaktur, tetapi experience ngopi sehingga daya tarik kopi di DIY tinggi dan cocok untuk gaya ngopi khas DIY,” papar dia.

Penarikan Undian Harus Hadirkan Notaris dan Polisi

Previous article

Gunung Kidul Kembali Akan Bentuk DESTANA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi