Ini Manfaat Dakon Untuk Anak

0
manfaat dakon untuk anak
FOTO : Humas Pemkab Bantul

STARJOGJA.COM, BANTUL – Ada banyak manfaat dakon untuk anak. Guna melestarikan dolanan tradisional dan menggugah kembali permainan tradisional, Pemkab Bantul bersama Museum History of Java (HOJ) menggelar festival dakon atau Congklak di HOJ Jalan Parangtritis Sewon. Sabtu pagi (16/11).

Festival Dakon melibatkan 2.200 peserta, baik kelompok anak, umum, dan keluarga. Pelaksanaan festival sendiri terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama digelar 16-17 November dan Tahap kedua dilaksanakan 23-24 November 2019.

Menurut laporan penyelenggara Ki Bambang Widodo, Lomba Dakon digelar bukan sekedar untuk memecahkan rekor, namun untuk melestarikan permainan tradisional yang kini sudah mulai dilupakan. Padahal menurutnya, dakon atau congklak ini memiliki nilai filosofi yang baik dan luhur. Ada banyak manfaat dakon untuk anak.

“Dakon mengajarkan untuk jujur, sportif, dan ahli strategi. Juga, masa sekarangkan anak-anak lebih banyak main hp, ini individualis sekali. Berbeda dengan dakon, harus bersama-sama, mengajarkan kerukunan, dan mempererat persaudaraan,” terangnya dikutip dari FB pemkab Bantul.

BACA JUGA : Gobak Sodor Jadi Permainan Pembentuk Karakter

Dihimpun dari berbagai sumber, di beberapa daerah menyebut permainan ini dengan sebutan congkak atau congklak.

Permainan tradisional ini mengajarkan anak tentang ketekunan, ketepatan, kejujuran, berhitung hingga kesabaran.

Bagaimana tidak, permainan ini mewajibkan pemainnya untuk berhasil mengumpulkan biji sebanyak-banyaknya dengan cara dan aturan dari permainan ini. Selain belajar bilangan dan berhitung dakon juga memiliki manfaat untuk melatih ketepatan dalam mengambil langkah.

Dakon adalah salah satu jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak laki-laki maupun perempuan.Bahkan, dakon bisa juga dimainkan oleh orang dewasa sebagai sarana rekreasi.

Dakon sebenarnya adalah alat untuk bermain congklak Alat ini terbuat dari kayu dengan panjang 50 cm, lebar 20 cm, dan tebal 10 cm.Bagian atas kayu ini diberi lubang dengan 5 cm untuk diameternya dan 3 cm untuk dalamnya. Jumlah lubang dakon minimal 12 buah.Permainan ini membutuhkan biji dakon.

Biji dakon ini bisa menggunakan biji sawo kecil atau sawo manila, atau pun kelereng kecil.Bermain dakon dimungkinkan tanpa kayu sebagai arena. Dakon bisa dimainkan di atas tanah dengan membuat lubang-lubang kecil di tanah sejumlah 12.Permainan dakon di tanah biasanya menggunakan batu-batu kecil sebagai bijinya. Jumlah pemainnya minimal 2 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here