Alasan DPRD DIY Harus Pindah ke Gedung Baru

0
gedung baru dprd diy
gedung dprd diy (Arif M)

STARJOGJA.COM, Info – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD DIY akan memiliki gedung baru. Meskipun waktunya masih lama namun rencana untuk lokasinya ada di Jl Kenari, atau berseberangan dengan gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY.

Kabar tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, pada Jum’at,  (7/2/2020), di gedung DPRD DIY Jl Malioboro, Kota Jogja.

“Perkembangannya saat ini baru dalam tahap DED (Detail Engineering Design), sehingga untuk anggarannya berapa masih belum bisa disampaikan,” kata Anton menjawab pertanyaan wartawan.

Baca Juga : Gedung DPRD DIY Dipindah, Sultan Carikan lahan

Politikus partai Gerindra tersebut menyampaikan salah satu alasan dewan berencana membuat gedung baru adalah karena lokasinya saat ini menempati tanah milik Sultan.

“Rencana perpindahan gedung dewan tersebut tak lepas dari kondisi gedung yang saat ini ditempati yang berada di Jl Malioboro, menempati Sultan Ground, dan juga apabila melihat sejarah, gedung DPRD DIY merupakan gedung Parlemen pertama kali di Indonesia sehingga masuk dalam kategori Benda Cagar Budaya ( BCB),” katanya.

Selain itu, rencana perpindahan gedung  dewan juga bertujuan untuk mendukung kawasan pedestrian Malioboro agar bisa segera diterapkan secara penuh.

“Sehingga kalau memang nanti Malioboro akan dijadikan seratus persen pedestrian jadi kami tidak perlu melewati jalan Malioboro, kalau memang itu seratus persen pedestrian ya diperuntukkan untuk pejalan kaki yang akan menikmati suasana Jogja, sekaligus nanti di dalamnya bisa dijadikan musium,” imbuh Anton.

Lebih lanjut Anton menyampaikan jika fungsi dari gedung DPRD yang lama bisa dijadikan untuk museum.

“Bisa untuk museum legislatif atau museum pergerakan, karena memang Jogja merupakan cikal bakal dari NKRI,” ungkapnya.

Disinggung kapan rencana kapan akan pindah, Anton menyampaikan jika sampai saat ini masih belum bisa dipastikan.

“Sekarang ini masih DED masalah desain dan lain-lain entah itu mau berapa lantai atau keluasan berapa,” jawab Anton.

Selain mengungkapan jika DPRD DIY akan mempunyai gedung baru, politisi muda dan nyentrik tersebut juga menyampaikan jika sudah mendapatkan lampu hijau dari Gubernur DIY.

“Pak Gubernur sudah berkenan menyetujui di Jl Kenari,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here