Sensus Penduduk 2020 Dimulai 15 Februari

0
Sensus penduduk online 2020
Kepala BPS DIY Heru Margono menjelaskan Sensus penduduk online 2020 FOTO : denie Artha

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sensus Penduduk 2020 Dimulai 15 Februari. Sensus Penduduk (SP) 2020 akan dilaksanakan dua tahapan. Pada bulan Februari dan Maret, tahapan sensus berupa pengisian data secara online serta Juni dan Juli dengan door to door atau didatangi. Sensus Penduduk 2020 ini menuju satu data kependudukan. Masyarakat diimbau bahwa data dirinya sangat penting, karena itu seluruh penduduk harus tercatat.

Kepala BPS DIY Heru Margono menjelaskan sensus kali ini bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Data penduduk merupakan data dasar untuk mengambill kebijakan diberbagai bidang, baik untuk pemerintah di tingkat pusat atau daerah.

” Tak hanya oleh Pemerintah, data ini juga sangat dibutuhkan oleh beragam pemangku kepentingan diantaranya untuk bisnis dan industri, kalangan akademisi, dan lain sebagainya,” jelasnya kepada Star Jogja FM, Jumat (14/02).

BPS akan menggunakan basis data kependudukan dari Dukcapil. Basis Data inilah yang menjadi modal awal bagi petugas BPS untuk melaksanakan sensus.

” Penggunaan basis data dari dukcapil ini merupakan inovasi baru dari BPS untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan,” terangnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan BPS menghadirkan sebuah inovasi bahwa sensus bisa dilaksanakan secara online atau yang disebut dengan SP online. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan zaman, dan memanfaatkan teknologi modern yang ada.

” SP online dapat dilakukan secara mandiri dengan mengunjungi website sensus.bps.go.id yang dilaksanakan 15 Februari – 31 Maret 2020 dengan mengikuti setiap tahapan yang diinstruksikan. Dengan menyiapkan kartu KK, KTP dan Akta nikah, masyarakat sudah bisa melakukan sensus mandiri di SP online ini,” terangnya.

Sementara itu apabila ada masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk online dapat berpartisipasi dengan menerima petugas sensus di rumahnya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas sensus. Sensus Penduduk Wawancara ini akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

” Berikan data sebenarnya. Data anda kami jamin aman dan tidak akan disalahgunakan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here