Kab SlemanNews

RSUD Sleman Punya Klinik Vaksinasi Internasional

0
klinik vaksinasi internasional

STARJOGJA.COM, SLEMAN – RSUD Sleman meluncurkan Klinik Vaksinasi Internasional, Kamis (5/3/2020). Klinik ini adalah klinik RS pemerintah pertama di DIY yang bersertifikat vaksinasi internasional.

Direktur RSUD Sleman, Djoko Hastaryo mengatakan fasilitas pelayanan vaksinasi sudah disiapkan baik klinik maupun fasilitas lainnya seperti penyimpanan vaksin. Dengan sertifikat tersebut RSUD Sleman diklaim siap untuk melayani vaksinasi internasional.

“Pelayanan klinik vaksinasi kami mempunyai empat dokter yang bersertifikat sebagai vaksinator, terdiri dari dua dokter spesialis dalam dan dua dokter umum,” katanya.

Vaksin yang tersedia, kata Djoko, antara lain meningitis, influenza, hepatitis dan sejumlah vaksinasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Baik untuk kegiatan ke luar negeri seperti ibadah haji, umrah dan lainnya.

“Tahun ini kami akan menggelar pemeriksaan kesehatan haji. Dengan fasilitas dan layanan ini, diharapkan bisa mempermudah calon jamaah haji yang akan memeriksa kesehatannya sekaligus mendapatkan vaksin meningitis,” kata Djoko.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menyambut baik penambahan layanan vaksinasi tersebut. Menurutnya klinik vaksinasi ini sebagai bagian pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Pemkab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Mudah-mudahan masyarakat yang membutuhkan vaksinasi bisa terbantu dengan memanfaatkan klinik vaksinasi di RSUD Sleman ini,” kata Sri.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) DIY, Yoedi Ariyanto mengatakan sertifikasi ini dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.23/2018 tentang Pelayanan dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional. Proses pengajuan sertifikat tersebut, katanya, dilakukan sejak Oktober tahun lalu. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi berkas persyaratan yang dibutuhkan, pada Januari lalu dilakukan visitasi oleh KKP DIY dan dilakukan bimimbingan teknis.

“Hari ini [Kamis], kami menyerahkan sertifikat Vaksinasi Internasional kepada RSUD Sleman,” katanya seusai menyerahkan sertifikat Vaksinasi Internasional kepada Bupati Sleman Sri Purnomo, Kamis.

Aku Tahu Kapan Kamu Mati Tayang Hari ini

Previous article

Nikah Bareng The Series, Menikah di Kolam Terapi Ikan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman