Kota JogjaNews

Jogja Terapkan Calm Down, Bukan Lockdown

0
PPKM dihapus
Sultan Sapa Aruh di Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Jogja Terapkan Calm Down, Bukan Lockdown. Ini disampaikan oleh Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X saat memberikan arahan pada warga DIY soal penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2.

Penyampaian arahan itu dilakukan Bangsal Kepatihan, Danurejan, Jogja, Senin (23/3/2020) pagi ini, tepatnya pada pukul 10.00 WIB. Arahan itu disampaikan dalam dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Dikutip dari siaran langsung yang melalui akun youtube Humas Pemda DIY, Sultan menyampaikan DIY belum menerapkan lockdown, melainkan calm down. Jogja Terapkan Calm Down.

“DIY belum menerapkan lockdown, melainkan calm down untuk menenangkan bathin dan menguatkan kepercayaan diri agar eling lan waspodo,” kata Sultan, yang didampingi Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X serta sekda DIY Baskara Aji.

Sultan menjelaskan sikap tersebut yakni eling atas Sang Maha Pencipta, dengan laku sipitual lampah ratri zikir, memohon pengampunan dan pengayoman, waspada melalui kebijakan.

Sultan juga meminta masyarakat di wilayah DIY sedapat mungkin memperlambat merebaknya pandemi corona dengan cara resik resik diri dan lingkungannya sendiri-sendiri.

Jika ada yang merasa tidak sehat, Sultan menyuruh warga harus memiliki kesadaran dan menerima kalau wajib mengisolasi diri pribadi selama 14 hari sama dengan masa inkubasi penyakitnya.

” Di masa tanggap darurat bencana virus corona ini, kita harus menghadapinya dengan sabar-tav tulus-ikhlas, pasrah lahir-batin, disetai ikhtiar yang berkelanjutan, ” kata Sultan.

Disperindag Sterilisasi Maksimum Pasar Tradisional

Previous article

Mall di Jogja Rubah Jam Operasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja