Flash Info

5 Cara Memanfaatkan Krisis Jadi Peluang

0
multilateralisme

STARJOGJA.COM, FLASH INFO – Serangan pandemi virus corona berakibat pada krisis perekonomian dan telah membuat seluruh sektor industri terpukul.

Setidaknya butuh waktu hingga 2 tahun dalam pemulihannnya. Bagi pebisnis seharusnya krisis adalah saat peluang. Semakin dalam krisis, semakin besar peluang.

Jadi, dengan krisis yang begitu menakutkan, bagaimana kita bisa berbicara tentang memanfaatkannya?

Baca juga : Bisnis Kopi Kekinian Masih Menjanjikan

Jawabannya sangat sederhana: karena sejarah telah menunjukkan kepada kita berkali-kali bahwa selama resesi dan malapetaka lainnya, beberapa bisnis tumbuh sangat cepat dan makmur. Ini berarti bahwa kita masing-masing harus memutuskan apakah akan mencari peluang seperti itu atau tidak.

Berikut 5 langkah memanfaatkan krisis menjadi peluang bisnis menjanjikan seperti dikutip dari entrepreneur.com

1. Evaluasi ulang semuanya

Apakah Anda berada di industri yang tepat? Dengan mitra yang tepat? Di tempat yang benar? Dengan pasangan yang tepat? Jika Anda memulai bisnis baru sekarang, akankah Anda memulai bisnis persis seperti bisnis Anda saat ini? Atau akan lebih baik bagi Anda untuk pindah ke Islandia dan memulai pertanian bitcoin? Atau untuk pindah ke Kosta Rika dan memulai agensi sumber cloud?

Kita jarang berani bertanya pada diri sendiri pertanyaan radikal seperti itu. Ketika segalanya berjalan dengan baik, kami tetap berada di bawah pepatah “jangan memperbaiki apa yang tidak rusak”, sering kali kehilangan peluang yang jauh lebih besar dan berakhir dengan kebiasaan buntu. Krisis mendalam adalah kesempatan langka bagi kita untuk mengevaluasi kembali segalanya.

Bahkan, pindah sektor industri bisa menjadi salah satu pilihan. Misalnya pindah dari bisnis konstruksi ke arbitrase komoditas, lalu perbankan, lalu TI. Tidak masalah seberapa banyak Anda berinvestasi dalam bisnis, rumah, hubungan Anda. Jika itu bukan lagi pilihan terbaik yang tersedia untuk Anda, lanjutkan.

2. Krisis adalah waktu terbaik untuk reformasi

Sering kali kita melihat cara untuk mengoptimalkan bisnis kita dan belum menindakinya, karena kita tahu bahwa perubahan akan menemui perlawanan. Memecat, menugaskan kembali, atau melatih kembali orang, misalnya. Dan setiap kali kita memberikan kesempatan untuk mengoptimalkan, bisnis kita bergerak dari “yang mutakhir” ke “usang.”

Krisis adalah peluang untuk mengubah segalanya seperti yang diketahui oleh semua staf Anda: perubahan selama krisis tidak dapat dihindari. Membongkar divisi yang berhenti menjadi produktif. Ubah lini produk Anda. Promosikan orang muda yang cerdas itu alih-alih teman lama yang mengharapkan promosi itu berdasarkan senioritas.

3. Beralih ke angkatan kerja kontinjensi dan telecommuter

Salah satu perubahan yang paling menguntungkan adalah mengganti pekerja penuh yang kurang dimanfaatkan dengan pekerja tidak tetap. Di Hollywood, mereka tidak membuat aktor selalu digaji sepanjang waktu. Aktor dipekerjakan selama durasi peran mereka, dan pendekatan yang sama berlaku untuk profesional lain yang terlibat dalam pembuatan film.

Banyak perusahaan sudah sangat bergantung pada model tenaga kerja kontingensi, tetapi sebagian besar bisnis ragu-ragu untuk mengalihkan pekerja mereka ke peran kontraktor yang diperlukan.

Krisis adalah kesempatan langka untuk menyusun kembali bisnis Anda dengan sedikit dorongan. Anda juga mungkin menemukan bahwa banyak dari pekerja Anda tidak harus pergi ke kantor setiap hari. Banyak platform yangmemudahkan untuk mengawasi dan mengoordinasikan pekerjaan-dari-rumah mereka, menghemat banyak uang yang sebelumnya Anda buang untuk membayar ruang kantor yang berlebihan dan membayar secara tidak langsung untuk waktu perjalanan pekerja.

4. Sewa SDM secara global

Anda juga dapat memangkas biaya tenaga kerja Anda dengan memilih opsi terbaik untuk pekerja berbasis komputer dari kumpulan talenta global alih-alih harus menyewa lokal. Penghematan banyak profesi seringkali melebihi 50%. Mempekerjakan secara global juga akan memberikan skalabilitas yang jauh lebih tinggi. Restrukturisasi ini biasanya akan menyebabkan banyak perlawanan tetapi akan dipandang perlu selama resesi.

5. Merestrukturisasi portofolio Anda

Pindahkan uang Anda dari industri yang terancam krisis ke tempat yang aman. Lebih baik lagi, pindahkan ke proyek-proyek yang cenderung tumbuh sangat cepat dalam krisis ini. Nilai stok Zoom telah lebih dari dua kali lipat sejak pandemi dimulai dan ada teknologi lain yang diajukan untuk pertumbuhan cepat.

Jangan merasa sedih dengan memindahkan uang dari industri yang terluka: Anda berbuat baik kepada umat manusia dengan memindahkan dana Anda ke apa yang paling dibutuhkan orang selama masa-masa sulit ini. Saat ini mereka membutuhkan Zoom dan solusi kerja-dari-rumah lainnya lebih dari pelayaran laut, perjalanan udara, acara olahraga, restoran, dan banyak bisnis lain yang sangat terpengaruh oleh coronavirus.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Bayu

Riset Singapura Sebut 19 April Puncak Covid-19 Indonesia

Previous article

Dampak Covid-19, 99% Biro Perjalanan Wisata di Jogja Tutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info