Pendidikan

Wabah Corona Membuat Inovasi Pendidikan

0
kondisi fisik
Ilustrasi Dunia Pendidikan

STARJOGJA.COM, Info – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim berpesan agar masyarakat belajar dari pandemi Covid-19. Termasuk salah satunya menciptakan inovasi di dunia pendidikan.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ia pimpin secara virtual, Sabtu (2/5/2020).

Khusus di bidang pendidikan, Nadiem mengutarakan apresiasinya kepada tiga komponen penting dalam pendidikan yakni siswa, guru dan murid yang dapat berinovasi dan bereksperimen dalam kondisi saat ini.

“Guru, siswa dan orang tua akhirnya sadar bahwa pendidikan itu bukan hanya sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah tapi pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga pihak ini,” tutur Nadiem.

Baca Juga : Inovasi Gudeg Yu Djum Jogja Bertahan di Bisnis Kuliner

Tanpa kerja sama tiga pihak ini, menurut Nadiem, kolaborasi dalam bidang pendidikan yang efektif tidak mungkin bisa terjadi.

Nadiem mengatakan dirinya menyadari bahwa sebagai masyarakat, kita saat ini belajar betapa penting kesehatan, kebersihan dan norma-norma kemanusiaan.

Timbulnya empati dan solidaritas di masyarakat kita saat pandemi Covid-19 merupakan pembelajaran yang menurutnya harus dikembangkan, bukan hanya saat krisis tapi saat krisis ini sudah berlalu.

“Belajar memang tidak selalu mudah, ini saatnya berinovasi, ini saatnya kita berekperimentasi, inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” imbuh Nadiem.

Terakhir, Nadiem menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menerapkan imbauan Presiden untuk hidup bersih dan sehat dan mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah.

Sumber : Bisnis

Nadiem Apresiasi Guru saat Hari Pendidikan Nasional

Previous article

India Memperpanjang Masa Lockdown

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan