Kab Bantul

Objek Wisata di Piyungan Uji Coba Buka Akhir Pekan ini

0
wisata piyungan
Pasar Sorjati Bantul
STARJOGJA.COM, Info – Objek wisata di Piyungan, Bantul akan uji coba untuk pembukaan wisatawan usai dampak Covid-19. Setidaknya ada 3 objek wisata dari 10 yang ada di Piyungan dan akan dilakukan pada akhir pekan ini, 11 Juli.
Ketiga objek wisata tersebut adalah Taman Nggirli Bintaran,  Banyu Langit,  dan Pasar Kebon Empring.  Ketiga objek wisata yang dikelola kelompok sadar wisata (pokdarwis) tersebut menawarkan keindahan pemandangan alam dan sungai yang menjadi daya tarik. Semuanya berada di Desa Srimulyo.
Pelaksana Tugas Camat Piyungan, Roy Robert Edison Bonai, mengatakan pokdarwis dan masyarakat di sekitar tiga objek wisata tersebut sudah siap untuk buka. “Sebenarnya ada sekitar 10 objek wisata di Piyungan tetapi yang siap buka baru tiga objek wisata,” kata Roy Robert saat dihubungi melalui ponsel, Senin (6/7/2020).
Sebelum uji coba, kata Roy,  kecamatan akan mengumpulkan semua pengelola wisata di Piyungan pada Kamis mendatang untuk mendapatkan sosialisasi dari Dinas Pariwisata Bantul tentang kesiapan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.
Dia tidak ingin ada klaster baru penularan infeksi Covid-19 dari wisata di Piyunhan.  “Kamis rencana sosialisasi,  Jumat dilanjutkan dengan penyusunan standar operasional prosedur dan Sabtu baru uji coba pembukaan,” kata Roy.
Kepala Dinas Pariwisata Bantul  Kwintarto Heru Prabowo mengatakan selain tiga objek wisata di Piyungan yang mengajukan uji coba pembukaan,  satu objek wisata di Wukirsari, Imogiri, juga mengajukan untuk buka. Saat ini, dinas pariwisata masih memeriksa kelengkapan sarana dan prsarana serta kesiapan masyarakat sekitar objek wisata dalam mendukung protokol kesehatan. “Harus ada jaminan siap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Kwintarto.
 Sejauh ini, empat objek wiasata nonpantai yang dikelola masyarakat mengajukan untuk beroperasi.  Sementara semua objek wisata pantai yang dikelola Pemkab Bantul,  kata dia,  sudah lebih dulu buka. Namun, pembukaan wisata tersebut masih sebatas uji coba terbatas.
Wisata pada masa new normal ini berbeda.  Jumlah pengunjung harus dibatasi maksinal 50% dari daya tanpung objek wisata. Pengelola dan wisatawan juga harus mematuhi protokol kesehatan meski standar minimal seperti menjaga jarak,  mengenakan masker,  dan menyediakan tempat cuci tangan,  dan adanya pemeriksaan suhu tubuh.
Dari Pantai Parangtritis dan sekitarnya serta Pantai Samas sampai ke barat seperti pantai Gua Cemara,  Pantai  Baru hingga Pantai Pandansimo di perbatasan Bantul-Kulonprogo, protokol kesehatan di pintu masuk pembayaran retribusi sudah berjalan mulai dari pemeriksaan suhu. Namun di sekitar pantai masih ditemukan wisatawan tidak menjaga jarak dan tidak mengenakan masker.
Sumber : Harianjogja

 Suku Cadang Toyota 2000GT Segera Diproduksi

Previous article

Anak-anak Lebih Kuat Saat Terinfeksi Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul