News

Dua Pekan Terakhir, Aktivitas Petir hingga 9.969 Kali

0
aktivitas petir
Petir menyambar langit di Nagykanizsa, Hungaria, Jumat, 26 Juni 2020. (Gyorgy Varga/MTI via AP)

STARJOGJA.COM, Info – Selama dua pekan periode 30 November-13 Desember 2020 tercatat aktivitas petir hingga 9.969 kali di wilayah Sumatera Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Teguh Rahayu di Medan, Senin mengatakan berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang, klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.

Dari hasil rekaman lightning detector, pada periode dua pekan ini, tidak terdapat daerah dengan kategori sambaran petir tinggi.

Baca juga : Ini 2 Rekor Dunia Serangan Petir

Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir Sedang berada di daerah Asahan, Deli Serdang, Karo, Langkat, Medan, Serdang Bedagai, Simalungun, dan Toba Samosir.

Sambaran petir dengan kategori rendah berada di wilayah Batubara, Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Medan, Nias, Nias Barat.

Kemudian Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematang Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir.

Imbauan untuk masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi, agar meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi.

Sumber : Antara

Bayu

Gejala Baru Covid-19 Bertahan hingga Berminggu-minggu

Previous article

Mencari Makna dari Puisi Gus Mus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News