Kab Sleman

Antisipasi Bencana Erupsi Merapi, Data di Kali Gendol

0
gunung api
Awan panas guguran Gunung Merapi terlihat dari Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/1/2021). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan pada tanggal 27 Januari 2021 telah terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 1200 meter ke arah hulu Sungai Krasak. - Antara/Hendra Nurdiyansyah.

STARJOGJA.COM, Info – Frogs Solusi Indonesia bersama dengan Balai Litbang Sabo Jogja memetakan dan mengambil data di Kali Gendol, Jumat (31/12/2021). Kegiatan ini dilakukan menggunakan pesawat nirawak (drone) UAV dengan jangkauan seluas 100 hektare dalam sekali terbang.

VP of Business Frogs Solusi Indonesia, Filardi Ayun menuturkan pemetaan ini bertujuan untuk mendapatkan data perbandingan sebelum dan sesudah apabila terjadi bencana erupsi di Gunung Merapi. Dalam hal ini, prabencana dapat digunakan untuk manajemen pencegahan bencana khususnya untuk meminimalkan risiko timbulnya kerugian saat terjadi bencana.

Baca juga : Erupsi Gunung Merapi Tetap Mengarah ke Kali Gendol

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menghitung volume sumber daya yang tersedia saat ini. Jika volume dam sudah terisi maka pemerintah bisa melakukan penggalian agar dam dapat menampung lebih banyak muatan, sehingga tidak ada tumpahan lahar yang mencapai desa sekitarnya.

“Nantinya data hasil yang kami peroleh akan diserahkan kepada pihak yang membutuhkan di antaranya Balai Litbang Sabo, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman, maupun dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] untuk kebutuhan analisis dampak bencana,” ujarnya.

Hasil pemetaan dapat berupa orthomosaic atau peta foto udara dan kondisi eksisting penggunaan lahan dam dan sekitarnya. Ada pula data hasil yang kami serahkan dalam bentuk digital eveion model (DEM) untuk menginformasikan bentuk permukaan dalam bentuk data.

“Harapan kami data hasil pemetaan dapat mengurangi dampak terjadinya erupsi Gunung Merapi dan juga dapat menjadi acuan data untuk pencegahan awal sebelum terjadinya bencana,” katanya.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Ini Aturan Cara Memajang Rokok di Pertokoan di Jogja

Previous article

Sepeda Listrik Indobike Karya Anak UNY Tembus 60 Kilometer

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman