Flash InfoHealth

Buka Puasa Sebaiknya dengan Air Putih

0
manfaat air minum

STARJOGJA.COM, HEALTH – Buka Puasa Sebaiknya dengan Air Putih. Dokter Syahidatul Wafa, Sp.PD menyarankan masyarakat, termasuk pasien diabetes, untuk mengawali buka puasa dengan meminum air putih.

“Intinya saat berbuka puasa tentu yang lebih baik minum air putih,” kata dr. Wafa.

Pasalnya, mengutip Healthline, air putih menjadi standar emas dalam hal menjaga tubuh tetap terhidrasi usai berpuasa selama 13-14 jam.

Lalu, bila Anda ingin mengonsumsi makanan manis, maka sebaiknya batasi asupannya terutama yang mengandung kadar gula tinggi.

“Sekarang sudah banyak produk yang bebas gula seperti sirup bebas gula bahkan topping kental manis juga ada bebas gula. Jadi kita bisa lebih smart memilih produk makanan yang masuk ke tubuh,” katanya.

Di sisi lain, untuk makanan utama, sebaiknya pilih porsi sedang dan cukup untuk mencegah makan berlebihan. Anda juga disarankan mengonsumsi camilan sehat di antara waktu berbuka puasa dan sahur semisal buah, sayur, dan kue bebas gula.

Terkait gorengan, dr. Wafa menyarankan Anda membatasi asupannya karena cenderung tinggi lemak dan garam.

“Gorengan memang enak tetapi tidak bagus, sehingga bahaya untuk tubuh kita. Jadi, batasi asupan makanan yang tinggi lemak seperti gorengan dan termasuk asupan garam,” ucapnya.

Asupan makanan tinggi garam juga banyak ditemukan pada makanan olahan. Oleh karena itu, dr. Wafa mengingatkan agar Anda cermat memilih produk makanan yang juga Anda santap setiap hari, seperti kecap dan saus.

“Kecap, saus karena biasanya tinggi garam. Pilih produk-produk yang rendah garam, bahkan untuk produk yang kita gunakan sehari-hari,” kata dia.

Sumber : Antara

Jogja Siap Dikunjungi Wisatawan Saat Lebaran

Previous article

Alun-Alun Kidul Masih Recommended Jadi Tempat Ngabuburit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info