Sport

Venue Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 Berstandar International

0
Popda diy 2024
Salah seorang atlet berlatih di laangan menembak di kawasan Maguwoharjo, Depok, Sleman, kamis (25/8). lapangan menembak itu merupakan salahsatu venue porda 2022

STARJOGJA.COM, Info – Menyambut Porda XVI dan Peparda III DIY 2022, Pemkab Sleman telah menyiapkan berbagai venue pertandingan. Di antaranya membangun venue baru untuk arena menembak.

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto bahkan menyebut bahwa venue tersebut bisa menjadi legacy atau catatan sejarah dari perhelatan Perda XVI dan Peparda III yang akan terus dikenang masyarakat.

“Apalagi venue menembak itu berstandar internasional,” ujarnya.

Venue yang berlokasi di bawah tribun timur Stadion Maguwoharjo tersebut diperuntukkan semua kelas menembak 10 meter. Selain ber-AC, venue tersebut berlantai granit dengan plafon hollow penutup dari gypsum. Untuk dindingnya berbahan bata ringan dengan kusen aluminium.

BACA JUGA: Opening Ceremony Porda 2022 Jadi Yang Termegah

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman Rahmadi mengungkapkan, pembangunan venue menembak melibatkan pengurus cabang olahraga terkait. Karena mereka yang lebih paham spesifikasinya.

“Kerekan dan papan tembaknya juga sesuai rekomendasi pengurus cabor menembak,” katanya.

Menurut Rahmadi, rehab dan penyempurnaan sarana prasarana beberapa venue juga telah rampung. Di Gor Pangukan telah dilakukan penggantian lampu dan perbaikan karpet. Sedangkan Lapangan Tenis Pemda Sleman dipercantik dengan pemasangan dinding sekat luar dan tutup keong kanan kiri, perbaikan pintu, penggantian atap galvalum, dan penambahan ventilasi.

“Untuk lantai juga telah dicat ulang. Serta ada tambahan untuk aksesibilitas penyandang disabilitas,” katanya.

Gor Klebengan juga mengalami beberapa perbaikan. Pengecatan sarana dan rangka panjat tebing, penataan halaman, dan pembuatan tempat duduk.

Begitu pula dengan pemasangan lampu sorot untuk pertandingan malam. Selain itu pemasangan pagar pembatas antara pemain dan penonton untuk venue basket dan hockey.

“Karpet lantai juga sudah diganti vinil semua,” lanjut Rahmadi.

Terpisah, Wakil Ketua KONI Sleman, Sukiman Hadi Wijaya mengatakan total ada 57 venue untuk 45 cabang olahraga (cabor). Ada tiga venue yang berlokasi di luar Kabupaten Sleman, yakni Lapangan Udara Gading, Gunungkidul, untuk cabor aerosport. Selain itu, Waduk Sermo di Kulon Progo untuk cabor dayung dan kompleks Stadion Sultan Agung Bantul untuk cabor sepatu roda.

Sementara 54 venue lainnya tersebar di wilayah Kabupaten Sleman menjadi lokasi pertandingan untuk 41 cabor dan petanque (eksibisi).

“Ada lima lokasi yang menjadi kelompok besar venue porda dan peparda. Yakni GOR Klebengan, kompleks kampus Universitas Negeri Yogyakarta [UNY], Sleman City Hall [SCH], kompleks Pemkab Sleman, dan Stadion Maguwoharjo,” jelas Sukiman.

Di kompleks Pemkab Sleman, venue yang digunakan, diantaranya, Stadion Tridadi, Gor Pangukan, lapangan tenis, Gedung Kesenian, Gedung Serba Guna, dan aula kantor Bappeda.

Sedangkan Stadion Maguwoharjo digunakan untuk pembukaan Porda XVI dan Peparda III pada Kamis (1/9/2022), sekaligus penutupannya pada Jumat (9/9/2022).

“Juga untuk pertandingan cabor menembak, drumband, dan lari jarak jauh [maraton].”

 

Sumber: Harian Jogja

Bayu

Sleman Siap Raih 3 Sukses Tuan Rumah Porda Peparda 2022

Previous article

Ratusan UMKM di Slemam Meriahkan Porda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sport