Flash InfoNewsNusantara

Kaesang dan Erina mengenakan adat Jawi jangkep warna maroon.

0
Jawi jangkep
foto : solopos

STARJOGJA.COM, SOLO – Acara tasyakuran atau resepsi walimatul ursy pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono digelar di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022). Kaesang dan Erina mengenakan adat Jawi jangkep warna maroon.

Kalau sebelumnya mengenakan busana adat Jawi jangkep abu-abu semi hitam, saat malam mengenakan adat Jawi jangkep warna maroon dengan nuansa Mataraman. Kaesang dan Erina mengenakan busana adat warna maroon.

Sementara, pendamping pengantin yakni Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi, serta Ibunda Erina dan kakaknya mengenakan adat Jawi jangkep hitam.

Acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina dibagi dua sesi, yakni pagi dan malam hari. Acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina sesi pertama atau sesi pagi sudah selesai digelar. Para tamu rela berdatangan meski Solo sempat diguyur hujan.

Berdasarkan data rundown acara yang dihimpun Solopos.com, resepsi kedua yakni malam hari dimulai pukul 19.00 WIB. Resepsi pernikahan untuk sesi malam hari juga diadakan di lokasi yang sama yakni Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Minggu.

Urutannya dimulai dengan kehadiran pengantin beserta keluarga besar yakni Presiden Joko Widodo dan Istri, serta keluarga Erina Gudono dari Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan doa dan sambutan. Disusul para tamu memberikan doa restu.

Sebelumnya diberitakan, saat sesi pagi, setiba di Pura Mangkunegaran, kedua mempelai langsung ke ruang transit untuk berganti pakaian.

Sebelumnya, pengantin memakai Solo Basahan saat prosesi pernikahan adat Jawa dan kirab kereta kuda menyusuri Jalan Slamet Riyadi menuju Pura Mangkunegaran.

Lalu mereka berganti pakaian menggunakan busana adat Jawi Jangkep. Kaesang memakai beskap warna hitam sedangkan Erina memakai kebaya terusan warna biru.

Prosesi tasyakuran diawali dengan rombongan besan, Ibunda Erina, Sofiatun Gudono yang didampingi kakak pertama Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono masuk ke pendapa ageng. Mereka disambut Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi. Proses itu diiringi gending bertajuk Persis Solo yang dibawakan oleh para pegiat seni dari ISI Solo.

Acara dilanjutkan dengan da yang dibacakan oleh K.H Abdul Karim Ahmad. Kemudian, sambutan yang disampikan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Dalam sambutannnya, Anwar Usman mewakili keluarga besar kedua mempelai mengucapkan terima kasih atas doa restu dari para tamu undangan.Dia berharap kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

“Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak reta. Dari lubuk hati yang paling dalam, mewaki keluarga besar kedua mempelai, saya memohon maaf jika saat menjamu para tamu undangan kurang berkenan,” kata Anwar.

Acara lantas dilanjutkan dengan rangkaian foto bersama keluarga mempelai pria dan wanita.

Berikutnya, deretan para menteri kabinet Indonesia Maju. Misalnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto dan lain lain yang juga berfoto bersama dengan keluarga besar kedua mempelai.

OPINI :  PB ESI Gelar Ekshibisi Para Esports di Indonesia Esports Summit 2022 Untuk Tingkatkan Inklusivitas dan Semangat Unity in Diversity

Previous article

Film Sekuel Joker Terbaru Memasuki Tahap Produksi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info