FeatureKota JogjaNews

Ramadhan Momen Kebangkitan UMKM Jogja

0
FOTO : Gema

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ramadhan Momen Kebangkitan UMKM Jogja. Selama Ramadhan, bisnis UMKM punya kesempatan besar untuk tumbuh atau melakukan growth hacking karena demand yang tinggi dari konsumen. Tentu ini adalah momen emas bagi para pelaku UMKM.

Danang Rudyatmoko, Ketua DPRD Kota Yogyakarta mengatakan Ramadhan menjadi momen kebangkitan bagi UMKM. Banyak pelaku UMKM yang bisa meningkatkan omzet dan keuntungan di bulan ini.

” Potensi UMKM Jogja itu sangat luar biasa, di momentum ramadhan hingga lebaran nanti jadi momentum untuk meningkatkan hasilnya. Semakin matang persiapannya, peluang keberhasilan UMKM akan lebih tinggi,” jelas Danang.

DPRD Jogja mensuport perkembangan UMKM di wilayahnya. Ada fasilitasi tenda umkm di kelurahan. Dukungan permodalan diharapkan lebih dipermudah oleh Bank Jogja sebagai bank milik pemerintah daerah.

” Pemkot kami harap untuk terus memberikan ruang promosi bagi pelaku UMKM. Pelonggaran aktifitas masyarakat dipastikan akan memunculkan peningkatan permintaan, ini yang harus didukung dengan promosi,” sebutnya.

Selain itu, momen Ramadhan juga menjadi momen yang tepat bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan dan menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis lainnya.

Tri Karyadi Riyanto, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta mengatakan untuk dapat memanfaatkan momen Ramadhan dengan baik, pelaku UMKM perlu melakukan persiapan dengan matang.

Persiapan yang harus dilakukan antara lain menyediakan persediaan yang cukup, menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen pada bulan Ramadhan, serta melakukan promosi secara efektif.

” Dalam hal promosi, pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya kepada lebih banyak orang. Selain itu, pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan aplikasi marketplace untuk memasarkan produknya secara online,” ungkapnya.

Dalam menghadapi momen kebangkitan UMKM pada bulan Ramadhan, pemkot Jogja memberikan fasilitasi 2 gerai promosi yang ada di 2 mall Jogja. Upaya ini diharapkan bisa menjadi wadah promosi bagi produk UMKM untuk memperluas pasar.

” Jaga kualitas dan keunikan produk agar keberlangsungan tetap terjaga. Tidak hanya penjualan pada saat event tapi diharapkan ada repeat order yang muncul karena pembeli puas dengan barang yang dibelinya,” tegas Totok.

Menu Kasultanan Jadi Andalan Merapi Merbabu Hotel di Ramadhan

Previous article

Ini Cara Nyaman dalam Perjalanan Mudik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature