News

Bantul Buka Posko PPDB Tahun 2023

0
posko PPDB
Ilustrasi sekolah
STARJOGJA.COM, Info  –  Tahun ini Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka posko informasi dan pelayanan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko mengatakan posko PPDB ini untuk tingkat sekolah menengah pertama tahun 2023.

“Kami menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maupun Dinas Sosial dalam membuka posko bersama untuk layanan dan informasi PPDB,” katanya di Bantul, Senin.

Posko Informasi dan Layanan PPDB tahun 2023 di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul dibuka pada jam kerja selama proses penerimaan peserta didik baru tingkat sekolah menengah pertama (SMP), yang dimulai Senin (12/6).

“Karena biasanya ketika PPDB itu kantor dinas penuh, mungkin sebentar lagi berjubel, maka masyarakat yang ingin mencari informasi atau ada permasalahan baik terkait data adminduk (administrasi kependudukan) maupun dengan afirmasi langsung bisa dilayani di posko bersama ini,” kata Isdarmoko.

Dia mengatakan, petugas di posko bersama akan membantu warga yang kesulitan mengakses sistem daring untuk mendaftarkan anak ke sekolah negeri yang dituju.

“Posko bersama ini siap membantu (penanganan) kendala teknis, kemudian, disamping itu berbagai aduan seandainya ada masyarakat yang kesulitan atau menemui permasalahan kami layani baik secara online melalui media sosial kami, maupun langsung datang ke sini,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa pendaftaran PPDB tingkat SMP bisa dilakukan via daring dengan mengakses laman pelayanan PPDB Kabupaten Bantul.

PPDB SMP tahun 2023 di Kabupaten Bantul mencakup lima jalur seleksi.

Isdarmoko menjelaskan bahwa pada 12 sampai 14 Juni 2023 calon siswa bisa mendaftar masuk SMP negeri melalui jalur zona lingkungan sekolah.

Penerimaan siswa dari jalur ini dilakukan berdasarkan jarak rumah calon siswa ke sekolah (sekitar 500 meter) mengacu pada Google Maps.

Selain itu, Isdarmoko mengatakan, calon siswa bisa mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, jalur prestasi, maupun jalur afirmasi.

Apabila belum bisa masuk ke sekolah negeri melalui jalur-jalur penerimaan tersebut, menurut dia, maka mereka bisa mendaftar lewat jalur zona kecamatan atau jalur Sapu Jagad.

“Karena ini online, maka persiapannya harus matang, dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Seandainya saat jalur zona lingkungan sekolah, prestasi, afirmasi, atau perpindahan tugas orang tua, ada calon murid belum berhasil mendaftar sekolah, masih ada kesempatan di jalur terakhir, yaitu jalur kecamatan atau Sapu Jagad,” katanya.

Menurut dia, penerimaan siswa dari jalur Sapu Jagad akan dibuka 19 sampai 21 Juni 2023.

Dia berharap skema penerimaan peserta didik baru yang dijalankan membuka kesempatan luas kepada anak-anak di wilayah Kabupaten Bantul untuk menempuh pendidikan di sekolah negeri.

​​​​​​​”Harapan kita PPDB tahun ini semakin bagus, akses mudah, masyarakat terlayani dengan baik, juga anak anak di Bantul semuanya bisa terlayani dalam akses pendidikan secara maksimal, dan nantinya anak-anak menjadi pelajar yang hebat, jadi calon pemimpin yang bertanggung jawab,” katanya.

Bayu

Habbie Hadirkan Inovasi Roll On Minyak Kayu Putih Aromatik

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Selasa, 13 Juni 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News