Kota JogjaNews

Festival Pangan Lokal Jogja Optimalkan Pekarangan untuk Menanam

0
festival pangan lokal jogja
FOTO : Gema

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemkot Yogyakarta kembali menggelar Festival Pangan Lokal untuk menggabungkan ketahanan pangan masyarakat.  Festival Pangan Lokal Ajak Warga Jogja Optimalkan Pekarangan untuk Menanam

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelar Festival Pangan Lokal di Lapangan SMAN 3 Yogyakarta pada 18- 20 Agustus 2023. 

Event ini menjadi upaya untuk mengenalkan potensi pangan Yogyakarta terutama sayuran dan buah yang berasal dari hasil tanam di pekarangan rumah. Masyarakat juga diajak mengoptimalkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan Festival Pangan Lokal itu juga untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi warga Kota Yogyakarta yang kesulitan lahan untuk pertanian. Ia menyebut kesulitan itu harus dijawab dengan tantangan dan peluang bagaimana bisa menanam minimal sayuran dan buah pada lahan sempit di sekeliling rumah.

“Saya kira ini bagian dari inovasi bagaimana urban farming dan urban agriculture itu bisa diterapkan di Kota Yogyakarta,” kata Singgih ditemui saat pembukaan Festival Pangan Lokal pada Jumat (18/8/2023).

Singgih menyebut lahan pertanian di Kota Yogyakarta ada sekitar 52 hektare yang tersebar di beberapa wilayah. Lahan itu kecil di antara permukiman rumah di perkotaan. Oleh sebab itu pengembangan pertanian harus disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

“Pola pertanian dengan urban farming seperti menanam dalam pot atau media yang ditempel di dinding,” jelasnya.

Menurutnya dari stan-stan Festival Pangan Lokal itu sudah menunjukan masyarakat Kota Yogyakarta bisa mananam tanaman pangan paling tidak untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Pokoknya tetap semangat berinovasi untuk memenuhi kebutuhan minimal buah dan sayur yang ada di lahan kita,” sebutnya.

Benarkah Perempuan Lebih Sering Migrain Daripada Pria?

Previous article

Tips Jadi Jomblo Bahagia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja