Kota JogjaNews

Pengakuan UNESCO Pada Sumbu Filosofi Bisa Tingkatkan Pariwisata

0
Unesco Sumbu Filosofi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pengakuan UNESCO Pada Sumbu Filosofi Bisa Tingkatkan Sektor Pariwisata. UNESCO menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia pada Sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committe (WHC) di Riyadh, Arab Saudi, Senin.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak dan merupakan penghargaan atas mahakarya Sri Sultan Hamengku Buwono I, pemrakarsa Sumbu Filosofi yang penuh dengan nilai filosofi yang tinggi ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada UNESCO dan seluruh lapisan masyarakat, yang telah mendukung upaya pelestarian Sumbu Filosofi sebagai warisan dunia yang memiliki nilai-nilai universal yang luhur bagi peradaban manusia di masa kini dan mendatang,” ujar Sri Sultan dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (19/9/2023).

BACA JUGA : UNESCO Resmi Jadikan Sumbu Filosofi Jogja sebagai Warisan Budaya Dunia

Sementara itu, Huda Tri, wakil ketua DPRD DIY mengatakan Salah satu dampak yang diharapkan adalah peningkatan signifikan dalam sektor pariwisata dan ekonomi lokal.

“Namun, mempertahankan status ini bukanlah hal yang mudah. Dalam pandangan dewan, dampaknya terhadap masyarakat akan signifikan, terutama dalam hal peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara,” terang Huda Tri, wakil ketua DPRD DIY

Yogyakarta telah lama menjadi tujuan wisata yang populer, dan pengakuan Sini bisa memberikan kesempatan untuk meningkatkan daya tariknya. Ini membuka peluang bagi Yogyakarta untuk menjadi salah satu destinasi wisata utama di dunia.

Meskipun belum ada perhitungan resmi mengenai peningkatan kunjungan, tanda-tanda awal menunjukkan minat yang besar dari para wisatawan untuk datang ke Yogyakarta setelah langkah ini.

“Ini adalah langkah yang pasti bagi Yogyakarta, dan masyarakatnya sangat antusias menyambut hal tersebut kedepannya. Hanya waktu yang akan menjawab bagaimana Yogyakarta akan merespon dan mengambil manfaat maksimal dari status Warisan Budaya Dunia ini,” jelasnya.

Penulis : Destia H

Sumbu Kosmologis Yogyakarta Jadi Warisan Dunia, Ini Maknanya

Previous article

Masalah Sampah di Bantul Diminta Selesai di Sumbernya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja