JogjaKUNews

Jangan Sampai Ambyar, Restorasi Arsip Rapuh Bisa ke DPAD DIY

0
Restorasi Arsip Rapuh DPAD DIY
Restorasi Arsip Rapuh di DPAD DIY

STARJOGJA.COM, Seperti sidik jari, arsip yang asli itu hanya satu. Jadi jangan sampai rusak termakan usia. Bagaimana jika sudah terlanjur ambyar? Restorasi adalah jawabannya.

DPAD DIY memiliki salah satu Layanan yang diberikan ke masyarakat yaitu Layanan Restorasi Arsip.

“Masyarakat dapat memanfaatkan Layanan yang dimiliki DPAD DIY terkait Restorasi Arsip. Masyarakat dapat berkunjung ke Kantor DPAD DIY, Gedung Depo Arsip, Lt Dasar jika membutuhkan memperbaiki arsip yang rusak miliknya,” ungkap Ketua Tim Kegiatan Wisata Arsip, Yurika kepada peserta Kegiatan Wisata Arsip V pada Kamis (16/11/2023).

Proses restorasi arsip atau dokumen penting membutuhkan perlakuan khusus sehingga tidak dapat dilakukan dengan cepat karena kondisi masing-masing arsip berbeda.

“Perlakuan khusus tersebut diperlukan agar arsip dapat dikembalikan seperti semula dan tidak justru menjadi rusak dan tidak terbaca,” kata Moh Ali Pitoyo, arsiparis serta penanggung jawab restorasi DPAD DIY.

Tahapan restorasi

Menurut dia, arsip atau dokumen yang mengalami kerusakan, kertas yang terlipat atau tergulung dirapikan terlebih dahulu sehingga rata kembali. Kemudian masing-masing arsip diberikan nomor agar tidak tertukar dan tetap pada urutan yang benar.

Setelah diterima dan diberi nomor, arsip dikuas untuk dibershikan perlembarnya. Untuk arsip yang tidak terlalu rusak cukup disemprot dengan sprayer untuk mengurangi kadar keasaman. Untuk arsip yang kondisi kerusakannya besar, direstorasi menggunakan tisu jepang (tisu Kozoo) dan diberlakukan juga penyemprotan bahan-bahan sprayer yang sama sebelumnya.

Setelah diberikan tisu Jepang, diberikan lem methyl dari campuran bahan-bahan seperti methyl selulosa dicampur dengan aqua des, kalsium karbonat, kemudian nanti kami mix dan diamkan 1X24 jam barulah bisa dipakai,” katanya.

Dijelaskan Pitoyo, semua tahapan tersebut dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan agar tidak merusak kondisi arsip yang telah lapuk atau sangat rentan mengalami kerusakan.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Jaga Arsip

Minimnya kesadaran terhadap pengelolaan arsip menjadikan restorasi arsip program yang penting dalam menyelamatkan arsip terutama informasi di dalamnya yang mengalami kerusakan akibat pengelolaan yang kurang tepat.

Ia mengatakan, restorasi arsip adalah program yang merupakan kegiatan khusus, fokus, teliti dan telaten. Karena restorasi arsip sendiri merupakan tindakan khusus untuk memperbaiki dan memperkuat arsip yang mengalami kerusakan.

Pitoyo juga menekankan pentingnya restorasi arsip terlebih terhadap arsip yang berupa dokumen mengenai pertanahan.

“Sertifikat tanah misalnya, ini yang sering kali menjadi permasalahan apabila mengalami kerusakan karena erat kaitannya dengan bukti kepemilikian tanah. Maka dari itu, kami berharap setiap orang mulai memperhatikan akan pentingnya pengelolaan arsip masing-masing,” pungkasnya.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Tak Mudah dan Tak Murah, Ini Sejumlah Upaya Menjaga dan Menyelamatkan Naskah Warisan Keraton Yogyakarta

Previous article

Semangat Pahlawan untuk Memerangi Kebodohan dan Kemiskinan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU