News

Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Resmi di Sidang Umum UNESCO

1
Jokowi Sang Raja Jawa
Panglima TNI Yudo Margono bersama Jokowi dan menhan prabowo (antara)
STARJOGJA.COM, Info – Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO telah menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam sidang umum di UNESCO. Penetapan  pada Senin (20/11) di Markas Besar UNESCO Paris, Prancis menurut Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, Mohamad Oemar, penetapan tersebut menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ke-10 yang diakui Konferensi Umum UNESCO, di samping bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia, Hindi, Italia, dan Portugis.
Presiden Joko Widodo mengatakan pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang dapat digunakan dalam Sidang Umum UNESCO (Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB) merupakan kebanggaan bagi bangsa.

“Pengakuan ini merupakan kebanggaan bagi segenap bangsa Indonesia,” kata Jokowi dalam akun media sosial X @jokowi, yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Sidang Umum ke-42 UNESCO di Paris yang berlangsung Senin 20 November pagi, telah menetapkan secara aklamasi pengakuan atas Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang dapat digunakan dalam Sidang Umum lembaga tersebut.

Jokowi mengatakan Badan khusus PBB yang membidangi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan ini menetapkan Bahasa Indonesia melalui resolusi berjudul “Recognition of Bahasa Indonesia as an Official Language of The General Conference of UNESCO”.

“Bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-10 yang diakui sebagai bahasa resmi Konferensi Umum UNESCO, bersama enam bahasa resmi PBB (Bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia), serta Bahasa Hindi, Italia, dan Portugis,” kata Presiden.

Dengan penetapan tersebut, kata Presiden, Bahasa Indonesia dapat dipakai sebagai bahasa sidang, dan dokumen-dokumen Sidang Umum UNESCO juga dapat diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Sumber : Antara
Bayu

Sultan Umumkan UMP DIY 2024 Naik 7,27 Persen

Previous article

Keamanan di Yogyakarta adalah suatu investasi

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Jangan pakai Lo Gue Bro Sis Cuan Cuin Goban Cepek disana Om Jangan sampai bahasa Indonesia yang terkontaminasi dipakai di sidang

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News