Lifestyle

Mengenal Tahun Kabisat

0
Mengenal Tahun Kabisat

STARJOGJA.COM, Tahun kabisat kembali terjadi pada 2024 karena ada penambahan hari pada Februari. Pada tahun kabisat, bulan Februari bukan 28 hari melainkan memiliki 29 hari.

Secara sederhana, tahun kabisat adalah periode waktu dalam satu tahun yang terdiri dari 366 hari. Berbeda dari biasanya yakni satu tahun terdiri dari 365 hari.

Perhitungan waktu dalam satu tahun ini sendiri didasarkan pada peristiwa Bumi mengorbit Matahari. Dibutuhkan sekitar 365,25 hari bagi Bumi untuk mengorbit Matahari, dalam perhitungan satu tahun Matahari, sebagaimana dilansir dari situs National Air and Space Museum.

Kemudian periode hari tersebut dibulatkan dalam satu tahun kalender menjadi 365. Untuk mengganti sebagian hari yang hilang (0,25), kemudian ditambahkan satu hari ke kalender setiap empat tahun. Tahun penambahan ini disebut sebagai kabisat.

Kenapa Penambahan Hari Ada pada Februari

Melansir laman detikNews, sistem Bumi mengorbit Matahari membutuhkan waktu 365,25 hari atau 365 hari enam jam. Karena satu tahun hanya terdiri dari 365 hari, maka sisa waktu pengorbitan matahari digantikan setiap empat tahun di bulan Februari.

Menurut penjelasan dalam situs LAPAN, begini cara menentukan tahun kabisat.

  1. Apabila angka tahun tersebut habis dibagi dengan 400, maka tahun itu adalah tahun kabisat
  2. Apabila angka tahun tersebut tidak habis dibagi dengan angka 400, namun malah habis dibagi angka 100, maka tahun tersebut bukanlah tahun kabisat.
  3. Apabila tahun tersebut tidak habis dibagi 400 ataupun 100, namun habis dibagi dengan angka 4, maka tahun itu adalah tahun kabisat
  4. Apabila tahun tersebut tidak habis dibagi 400, 100, maupun 4, maka dipastikan tahun tersebut bukanlah tahun kabisat.

Apakah Tahun Kabisat Itu Penting?

Dikutip dari laman NASA, tahun kabisat menjadi hal yang penting agar tahun kalender cocok dengan tahun Matahari. Ini artinya, jumlah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk melakukan perjalanan mengelilingi Matahari akan sesuai.

Meski begitu, perhitungan tahun kabisat tidak hanya terjadi di Bumi. Sebab, planet lain juga mempunyai tahun kabisat karena orbit yang mengelilingi Matahari (tahun) dan rotasi pada porosnya (hari) tidak sejajar sempurna.

Jadi, hal ini bisa berlaku untuk hampir semua planet lain di tata surya kita. Mars, misalnya, mempunyai tahun kabisat lebih banyak dibandingkan tahun biasa.

Setahun di Mars sama dengan 668 sol atau hari Mars. Namun, dibutuhkan 668,6 sol bagi Mars untuk mengelilingi Matahari.

Jadi, terkadang ada penambahan sol untuk membantu kalender di Mars mengejar ketinggalan. Dalam periode 10 tahun, empat tahun memiliki 668 sol dan enam tahun merupakan tahun kabisat dengan 669 sol.

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Sumber : Antara

Suka Maraton Nonton Drakor? Waspadai Bahaya Dibalik Binge Watching

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Kamis 29 Februari 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle