Kab SlemanNews

250 Peserta Ikuti Macapat Massal

0
Mocopat Massal Sleman ( FOTO : Humas Pemkab Sleman)
STARJOGJA.COM, SLEMAN – 250 Peserta Ikuti Macapat Massal. Acara ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan. Macapat massal Tahun 2018 itu diselenggarakan di Gedung Kesenian Sleman pada Selasa (13/10/2018) malam. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.
Event yang digelar Bekerjasama dengan Paguyuban Macapat Sleman dan Paguyuban Macapat Indo itu diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari tiap kecamatan di Kabupaten Sleman.
Bupati Sleman Sri Purnomo sangat mengapresiasi dan mendukung adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, melalui macapat massal tersebut dapat sebagai wadah untuk membangun silaturahmi antar macapat di kabupaten sleman sekaligus melestariakan budaya jawa.
“Macapat adalah sastra Jawa yang dituangkan dalam lagu serta berisi nasihat-nasihat serta cerita-cerita yang sarat dengan makna kehidupan sehari-hari. Acara ini dapat menjadi wadah untuk saling transfer ilmu dan pengalaman diantara peserta,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara juga mengatakan Macapat Massal adalah salah satu sarana mengekspresikan guyub rukun masyarakat di Kabupaten Sleman.
“Tidak ada merah, kuning ataupun hijau. Semua bersama sama menyatukan satu pemikiran dalam tembang yang sama,” katanya
Ia menjelaskan, yang di maksud dengan Macapat Massal yakni, tembang macapat ditembangkan secara bersama sama yang dipandu oleh 20 orang didepan panggung dan diikuti oleh seluruh peserta macapat.
“Biasanya macapat hanya di nyanyikan perorangan tetapi ini dinyanyikan secara bersama-sama,” katanya.

DPRD Dorong Pemkot Yogyakarta Gencarkan Sosialisasi Perda

Previous article

UGM Siapkan Unit Pengolahan Limbah Batik Kayu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman