Kab KulonprogoNews

Warga Kulonprogo Bisa Mengadukan Pelayanan Publik Lewat SEMAR

0
perawatan kesehatan di Malaysia

Pemkab Kulonprogo menyosialisasikan link website sistem aduan masyarakat (SEMAR) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kamis (27/8/2015). Inovasi itu diharapkan bisa melengkapi sarana implementasi UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kabag Teknologi Informasi dan Humas Setda Kulonprogo, Rudy Widiyatmoko mengungkapkan, SEMAR menambah deretan sarana komunikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan laporan, keluhan, maupun saran kepada Pemkab Kulonprogo. Masyarakat bisa mengakseskan melalui www.kulonprogokab.go.id.

Selama ini sudah ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Di antaranya layanan sms center, email, program siaran di salah satu stasiun radio, media sosial, hingga acara open house bertajuk Kamisan di Rumah Dinas Bupati yang diselenggarakan setiap pekan. “Kami berharap SEMAR membuat masyarakat lebih mudah memberikan masukan,” terang Rudy.

Rudy lalu memaparkan, SEMAR masih bisa diperbarui atau disempurnakan. Oleh karena itu, timnya akan menerima segala kritik dan saran agar kualitas pelayanan publik di Kulonprogo semakin baik.

Kasubag Data Informasi Setda Kulonprogo, Heri Widada menambahkan, SEMAR juga akan merekap informasi dan aduan yang disampaikan masyarakat melalui media lain yang dikelola Pemkab. “Misalnya, apa yang disampaikan saat Kamisan, bisa dicek juga bagaimana kelanjutannya. Informasi dari facebook juga bisa ditampilkan di sini,” paparnya.

Masyarakat memang dipermudah karena bisa memilih sendiri sarana atau media apa yang dianggap paling praktis. Meski demikian, tidak semua aduan ditampilkan di halaman SEMAR secara otomatis. Petugas admin akan menyeleksinya terlebih dahulu. “Kami perlu menyeleksi aduan atau informasi yang memang layak tayang. Misalnya bagaimana kalau bahasa yang digunakan tidak etis,” ujar Heri.

Dana Kampanye Yuni-Danang Rp6 MIliar, SP-Sri Muslimatun Rp183 Juta

Previous article

Samsung Galaxy Note 5 Hadir Di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *