Kab KulonprogoNews

Danais Berkurang, Kegiatan Seni Budaya Harus Dipangkas

0

Dibutuhkan penyesuaian besar-besaran jika alokasi dana keistimewaan (danais) untuk Kabupaten Kulonprogo tahun depan benar-benar turun hingga 75%. Misalnya intensitas penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya yang mau tidak mau harus dipangkas.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kulonprogo, Krissutanto mengatakan, masyarakat diminta tidak kaget jika danais yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan seni dan budaya banyak berkurang nantinya.

“Kalau sebelumnya bisa bikin pertunjukan sampai lima kali, besok mungkin cukup dua atau tiga kali,” ucap Krissutanto, Selasa (13/10/2015) kemarin.

Meski demikian, Krissutanto berharap semangat masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya lokal tidak ikut surut. Kucuran danais selama ini, lanjut dia, sebenarnya hanya merupakan stimulan untuk mengajak masyarakat kembali mengenal dan mencintai budayanya sendiri. “Setelah ada beberapa kali stimulan, harapannya bisa jadi mandiri, bukan malah jadi tergantung dengan danais,” ujarnya.

Krissutanto lalu mengungkapkan, penyerapan danais hingga September kemarin telah mencapai 61,51% atau sekitar Rp13 miliar. Sisa danais yang belum terserap sebesar Rp8 miliar, sebagian besar terkait dengan pengadaan dan pembangunan fisik yang belum selesai dilaksanakan karena harus melalui proses lelang dulu. Ada juga beberapa kegiatan budaya yang baru diselenggarakan pada Oktober dan November ini.

Asus Luncurkan Zenpad Teranyar Seharga Rp1,8 Juta

Previous article

Wah, Kamera IPhone 6S Kalah Hebat Dari Android Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *