Kota JogjaNews

Pelaksanaan UN SMP Tahun Ini Lebih Baik,

0

Pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (UN SMP) 2016 dinilai lebih baik dibanding UN SMP pada 2015.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno mengatakan, indikator kesuksesan tersebut terlihat dari adanya apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Komisi X DPR-RI.

“Dalam dua kali Rapat Dengar Pendapat pada 25 Mei dan 2 Juni 2016 disampaikan, pelaksanaan UN Berbasis Komputer merupakan model UN yang ideal,” kata dia, dalam rilis diterima Harianjogja.com, Sabtu (4/6/2016).

Sebagaimana diketahui UN SMP Sederajat di seluruh Indonesia dilaksanakan pada 9 sampai dengan 12 Mei 2016, diikuti oleh 4.207.331 siswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 155.011 siswa adalah peserta UNBK yang dilaksanakan di 1.005 sekolah/madrasah di seluruh Indonesia.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Panitia UN Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UN.

Sementara itu Daryanto Irjen Kemdikbud menyampaikan bahwa, salah satu faktor kesuksesan pelaksanaan UN 2016 adalah adanya pusat layanan informasi UN yang memberikan respon secara cepat dan tepat terhadap semua jenis pertanyaan dan pengaduan dari masyarakat.

“Kami menyediakan delapan pusat informasi UN. Para petugas mulai bekerja pada H-2 sampai H+1. Begitu ada masalah, langsung kami tangani dengan cepat,” ucap Daryanto.

Bambang Suryadi Sekretaris BNSP menuturkan, membaiknya pelaksanaan UN dari tahun ke tahun merupakan indikator menguatnya penerapan pendidikan berbasis standar. Oleh karena itu UN merupakan salah satu instrumen  untuk mengukur pencapaian standar nasional pendidikan.

Selain Siswa, Kini Guru di Bantul juga Dilarang Bawa Telepon Seluler

Previous article

KPU Kota Jogja Buka Lowongan Lembaga Pemantau Pilkada

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja