Kota JogjaNews

Waspada ! Curah Hujan Minggu Depan tinggi

0
hujan lebat Yogyakarta
Ilustrasi hujan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta memprediksi curah hujan dalam satu minggu ke depan akan mengalami peningkatan dan masuk kategori tinggi antara 150 hingga 300 milimeter/minggu.

Kepala Pos Klimatologi, BMKG Yogyakarta, Djoko Budiyono, Minggu mengatakan potensi hujan lebat sepekan ke depan dikarenakan adanya peningkatan suhu permukaan laut di perairan selatan Jawa.

“Suhu permukaan laut selatan Jawa naik sebesar 1,5-2 derajat Celcius dari kondisi normal,” katanya.Kemudian kandungan uap air di atas wilayah Yogyakarta yang relatif lembab dengan RH 70-90 persen.

“Serta adanya belokan dan pertemuan angin di sekitar Jawa, akibat munculnya pusat tekanan rendah di sekitar ekuator Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan potensi hujan lebat di wilayah DIY dengan curah hujan diatas 50 milimeter per hari.

“Hujan lebat juga disertai petir bersamaan angin kencang. Berpotensi menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor. Untuk angin kecepatan diatas 45 kilometer per jam,” katanya.

Djoko mengatakan, potensi hujan dengan kategori tinggi ini terjadi di beberapa wilayah. Untuk Sleman, di Kecamatan Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Kalasan, Depok, Berbah, dan Prambanan.Kulon Progo di Kecamatan Samigaluh, dan Kalibawang. Bantul di Kasihan, Sewon, Banguntapan, dan Piyungan. Gunungkidul di Ponjong, Semanu, dan Rongkop. Serta sebagian besar wilayah Kota Yogyakarta. “Wilayah lainnya yang tidak termasuk di kategori tinggi, masuk ke kategori menengah. Curah hujan 50 hingga 150 milimeter per minggu,” katanya. Peluang terjadinya gelombang laut juga tetap ada. Ketinggian antara 2,5 hingga empat meter.(ANT)

Enam Tempat Ibadah Tertinggi di Dunia

Previous article

Sungai di Jogja Masih Rawan Meluap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja