Flash Info

Perbanyak komukasi dengan orang tua agar mereka tidak merasa kesepian

0
teladan orang tua
ilustrasi keluarga(ist)

StarJogja.com, JOGJA – Rasa kesepian tentu suatu hal yang tidak disukai bagi semua orang, seseorang cenderung akan merasa kesepian apabila tidak ada komunikasi dengan orang terdekat. Dari waktu ke waktu, epidemi kesepian dilaporkan melanda warga lanjut usia (lansia) di berbagai belahan dunia. Seperti dikutip dari Republika.co.id, yang diambil dari Laman Daily Mail melaporkan, satu dari 10 lansia berusia di atas 65 tahun di Inggris mengalami kesepian kronis.

Pakar antrolopogi sosial Jeannette Kupfermann menganalisis penyebab kondisi tersebut. Menurut ia, faktor utamanya adalah kurangnya komunikasi warga negara yang telah sepuh dengan anak mereka.

Kupfermann mendapati, banyak orangtua cenderung enggan (bahkan ‘takut’) menyampaikan kebutuhan kasih sayang dari anak. Para orangtua lebih suka mengalah, melihat anak-anak bahagia dalam dunia mereka sendiri.

Terlebih, kata ia, warga Inggris cenderung menempatkan posisi lansia jauh dari prioritas utama dalam kehidupan sibuk. Tak jarang yang mengirimkan orangtuanya yang sudah lanjut usia ke panti jompo dan enggan tinggal bersama.

Perempuan yang menamatkan studi formal di London School of Economics itu berujar, tidak seharusnya lansia diperlakukan demikian. Perasaan ditinggalkan dan tidak dilibatkan dalam berbagai keputusan penting keluarga bisa mengarah pada kesepian yang makin akut.

Orangtua atau kakek-nenek tentu ingin melihat tumbuh kembang keturunanya. Jikalau terpaksa hidup terpisah karena tak ada yang mengurus, ucap Kupfermann, hal-hal manis seperti rutin menelepon, makan siang bersama, kunjungan berkala, juga perayaan ulang tahun, sangat perlu dilakoni. (AM)

Keren !, Grup hardcore asal bandung konser di 6 negara Eropa

Previous article

Perbanyak komunikasi dengan orang tua agar mereka tidak merasa kesepian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info