Kota JogjaNews

DIY kerahkan tim siber gelar patroli dunia maya

0

Starjogja.com, Jogja – Pemda DIY melakukan antisipasi serangan virus Ransomware WannaCry dengan melakukan patroli dunia maya untuk mendeteksi adanya IP addres yang mencurigakan.

Tim tersebut merupakan bagian dari Provincial Goverment Computer Security Incident Response Team (PGCSIRT) di bawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY.

Kepala Diskominfo DIY Ronny Primantohari menjelaskan, hasil pemantauannya belum ada jaringan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemda DIY yang terkena serangan virus tersebut.

Namun, pihaknya menyiagakan sembilan personel ahli untuk melakukan antisipasi dan pemantauan. Tim ini merupakan bagian dari PGCSIRT, mereka bertugas mengamankan jaringan dan sistem data informasi. Mereka secara bergantian melakukan patroli di duni maya.

Seperti dikutip dari Harianjogja.com, Ia menambahkan, anggota tim memiliki standar operasional prosedur tersendiri dalam melakukan pengamanan server Pemda DIY. Mulai dari sistem firewall, dengan memberikan ruang lalu lintas jaringan yang dianggap aman dan menutup akses jaringan yang tidak aman. (AM)

14.983 siswa-siswi SD/MI di Sleman ikuti UN

Previous article

Korban kecelakaan di Gunung Kidul meningkat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja