Kab GunungkidulKota JogjaNews

Pemda DIY gelontorkan 4,5 M untuk keruk Dermaga Sadeng

0
konsumsi ikan di bantul
Kapal nelaya sedang berlabuh di Pelabuhan Pantai Sadeng Gunungkidul

Starjogja.com, Gunung Kidul – Dermaga di Pelabuhan Sadeng, Desa Songbanyu , Kecamatan Girisubo akan diperdalam. Pengerukan dilakukan untuk mempermudah keluar masuk kapal yang ada di pelabuhan tersebut. Total biaya pengerukan yang dibutuhkan mencapai Rp4,5 miliar.

Ketua Kelompok Nelayan Sadeng, Sarpan mengatakan, proses pengerukan dermaga Sadeng sudah mulai dilakukan. Hal itu terlihat keberdaaan alat berat untuk menyedot pasir sudah berada di sekitar lokasi. Menurut dia, pengerukan kawasan pelabuhan dilakukan oleh Pemerintah DIY.

“Sudah mulai persiapan pengerukan. Untuk kegiatan ini anggaran yang disediakan mencapai Rp4,5 miliar,” kata Sarpan saat dihubungi, Rabu (19/7/2017).

Dia mengungkapkan pengerukan kawasan pelabuhan merupakan hal yang harus dilakukan karena sudah mulai mengalami pendangkalan. Rencananya upaya pengerukan dilakukan sedalam 2,5 meter dari titik surut terendah.

“Kalau pengerukan berhasil kedalaman di Sadeng akan mencapai enam meter lebih,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Sarpan, pengerukan bertujuan untuk mengangkat pasir di kawasan pelabuhan. Diharapkan dengan penyedotan pasir tersebut maka kedalamaan akan bertambah sehingga akses keluar masuk kapal dapat lebih lancar. Selain itu, lanjut dia, bersamaan dengan kegaitan tersebut, juga akan diangkat lima bangkai kapal yang ada di kawasan Pelabuhan Sadeng. (Jibi|Harian Jogja |Am)

4 Mahasiswa UMY Manfaatkan Air Laut Sebagai Sumber Listrik

Previous article

Ini Penyebab Anak Sulit Makan Sayur dan Buah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *