Kab GunungkidulNews

11,7 M disiapkan untuk perbaikan jaringan irigasi guna optimalkan produksi pertanian

0
Irigasi
Ilustrasi Irigasi

Starjogja.com, Gunung Kidul – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, mengalokasikan dana Rp11,7 miliar dalam memperbaiki 67 titik jaringan irigasi guna mengoptimalkan produksi pertanian.

Kasi Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunung Kidul Sugiyanto di Gunung Kidul, Pada Hari Jumat mengatakan tahun ini ada perbaikan daerah irigasi bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp7 miliar untuk menangani tujuh paket meliputi 40 titik Selain itu, katanya bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp4,1 miliar tersebar pada 27 lokasi di wilayah itu.

Dari data yang ada, kondisi saluran irigasi dalam kondisi baik panjangnya mencapai 358 ribu meter sementara kategori rusak mencapai 45 ribu meter. Meski ada kerusakan dan masih dalam upaya perbaikan, namun keberadaan sumur pompa cukup efektif. Dengan total 58 titik daerah irigasi.

Hal senada juga diungkapkan oleh, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto.  Menurut dia, hasil panen petani Gunung Kidul cukup bagus.

Ia mengatakan tahun ini dari target lahan luas tambah tanam (LTT) padi Oktober – Maret seluas 58.224 hektare telah tercapai 58.779 hektare. (Am)

Pelanggaran, di Bantul 96 tower tidak berizin

Previous article

Festival Garis Imajiner Digelar di Kali Code

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *