Flash InfoTechno

CATATAN REDAKSI : Banyak Cara Peringati Hari Anak Internasional

0
wirausaha anak
learning poverty

STARJOGJA – JOGJA -Anak adalah generasi penerus yang akan mewarisi semua yang telah berhasil dicapai oleh manusia, baik perbuatan baik dan terhormat, maupun kerusakan yang mengerikan.

Anak-anak merupakan investasi yang sangat penting bagi negara. Namun sayangnya banyak sekali isu-isu yang melibatkan anak-anak mulai dari kejahatan terhadap anak hingga tingkat kesejahteraan anak yang rendah.

Anak dianggap sebagai entitas yang sangat penting, sehingga pada 20 November 1954, untuk pertama kalinya Hari Anak Internasional dicanangkan di Inggris. Inggris mendorong semua negara untuk mempromosikan kesejahteraan anak-anak di dunia.

Atas dasar itu pula, PBB mendeklarasikan hak anak pada tanggal 20 November 1959, kemudian secara resmi menetapkan Hari Anak Internasional, dimana tanggal tersebut diambil sesuai dengan tanggal lahirnya Konvensi Hak-Hak Anak tahun 1989.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merayakan Hari Anak Sedunia. Namun demikian, yang terpenting pada perayaan ini adalah bagaimana memaknai Hari Anak Sedunia sejalan dengan tujuan awalnya. Dalam hal ini, orangtua menjadi aktor penting yang dapat mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

Setidaknya terdapat 6 hal yang masih perlu mendapat perhatian lebih oleh orangtua kepada anak-anak mereka, antara lain:

Ajarkan anak keterampilan sosial

Anak-anak yang menunjukkan kemampuan untuk bekerja sama dan membantu rekan-rekan mereka, serta memahami emosi, dan menyelesaikan masalahnya sendiri, lebih mungkin untuk mendapatkan kesuksesan, jika dibandingkan dengan anak-anak lain yang tidak memiliki keterampilan sosial.

Berikan harapan yang tinggi kepada anak

Secara ilmiah, anak-anak akan berusaha mencapai harapan orangtuanya. Menggantungkan harapan yang tinggi kepada anak menjadi suatu yang penting.

Tanamkan arti penting pendidikanA

Anak-anak akan melampaui tingkat pendidikan orangtuanya. Sayangnya para orangtua yang hamil saat remaja dan tidak mengejar pendidikan lagi, cenderung mempunyai anak yang akhirnya juga putus sekolah. Di sini peran orangtua menjadi sentral untuk menanamkan pemikiran tentang pentingnya pendidikan.

Bangun hubungan solid dengan anak

Dengan menjalin hubungan yang solid bersama anak, para orangtua dapat dengan mudah memastikan anak-anak mereka berada dalam jalur menuju sukses. Orangtua juga perlu menanamkan pada anak-anak akan gagasan bahwa hadiah untuk kerja keras adalah perasaan sukses yang datang lebih dari target yang dicapai. (DGW)

Dewan Apresiasi Peningkatan Alokasi Anggaran Pendidikan

Previous article

Pariwisata Bisa Jadi Sumber Devisa Utama

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info