Kab KulonprogoNews

Polres Kulon Progo Tekan Angka Kecelakaan 2017

0
pertolongan pertama kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan (JIBI)

STARJOGJA,WATES – Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo menekan angka kecelakaan lalu lintas 18,4 persen dari 500 kejadian tahun 2016 menjadi 408 kasus pada 2017.

“Meski angka kecelakaan turun, tapi angka fatalitas terhadap korban kecelakaan di 2017 masih cukup tinggi dan bahkan cenderung meningkat signifikan sekitar 12,2 persen dari tahun sebelumnya,” kata Kapolres Kulon Progo AKBP Irfan Rifai di Kulon Progo, Senin.

Menurut dia, tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kulon Progo hingga saat ini masih cukup tinggi dengan cukup banyaknya korban meninggal dunia. Hal ini disebabkan pengabaian prinsip keselamatan dan pelanggaran lalu lintas.

Pada 2017, tercatat ada 55 jiwa melayang akibat kejadian kecelakaan lalulintas dibanding 2016 yang terdapat 49 korban meninggal dunia. Demikian juga korban luka berat meningkat dari empat orang pada 2016 menjadi sembilan orang di 2017. Adapun korban kecelakaan dengan luka ringan menurun dari 996 orang di 2016 menjadi 778 orang di 2017.

Sebagian besar kasus kecelakaan itu terjadi di jalanan utama di Kulon Progo, yakni jalur utama selatan maupun di Jalan Daendels atau jalur jalan lintas selatan (JJLS). Karakteristik jalanannya memang berlintasan lurus, median lebar, serta kondisi permukaan relatif mulus. Kondisi tersebut cukup melenakan pengguna jalan yang kemudian cenderung memacu kendaraannya lebih cepat dan membawa resiko kecelakaan lebih besar.(ANT)

Malam Tahun Baru, Mobil Dilarang Masuk Malioboro Mulai Pukul Lima Sore

Previous article

Ini Enam Titik Rawan Macet di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *