Kab BantulNews

2018 Bungkus Mides Khas Pundong Dibagikan Secara Gratis

0

Starjogja.com, Bantul – Makanan khas Kecamatan Pundong, Bantul dibagikan gratis kepada ribuan warga yang hadir di Festival Mides hari ini, Rabu (9/5/2018).

Sejumlah warga antusias dan memadati tempat pelaksanaan Festival Mides 2018 di Rumah Produksi Mides Pundong sejak pagi. Ketua Pelaksana festival mides 2018, Suyamto (52) menjelaskan, sebenarnya festival ini digelar bersamaan dengan Pundong Ekspo yang dilaksanakan tiga hari ke depan. Namun khusus festival mides hanya dilaksanakan hari ini.

“Jadi dalam festival mides kali ini kami membagikan 2018 bungkus mides secara gratis kepada masyarakat,” kata Suyamto kepada wartawan disela Festival Mides 2018 di Rumah Produksi Mides Pundong, Rabu (9/5/2018) siang.

Suyamto menjelaskan, tujuan diadakan festival ini yakni untuk mempromosikan mides khas Pundong kepada masyarakat luar. Apalagi mides merupakan produk makanan unggulan warga Pundong dari bahan singkong.

“Harapan kami pangsa pasar mides meluas. Tidak hanya dipasarkan di Bantul saja, tapi juga di wilayah DIY dan nasional. Apalagi kan mides ini produk makanan unggulan, bahan dasarnya dari pati dan tidak memakai zat kimia,” ucapnya.

Menurutnya, berbagai inovasi sudah dilakukan warga Pundong untuk memperluas pangsa pasar mides. Salah satunya, warga mulai mencoba membuat mides instan. Harapannya produk mides bisa semakin tersebar luas di pasaran.

Seorang warga, Dwi Bowo Gunawanto (53) menambahkan, mides merupakan makanan khas Pundong yang diwariskan turun temurun. Oleh sebab itu, hampir semua warga Pundong paham dan bisa membuat mides.

“Mides itu kan olahan dari singkong. Cara buatnya singkong dikupas kemudian digiling. Hasil gilingan mides diperas diambil sari patinya. Pati itu oleh warga diolah menjadi mi pedes terus disebut mides,” lanjutnya.

Sementara seorang warga Panjangrejo, Pundong, Suharti (55) mengaku senang dengan diadakannya Festival Mides 2018. Sebab, selama ini festival serupa belum pernah digelar. Dia berharap setelah ini mides semakin dikenal.

(AM|Sumber: Detik)

5.700 Lowongan Ditawarkan Dalam Job Fair di JEC

Previous article

Tunggu 5 Tahun Lagi, Indonesia Masuk 10 Besar Pasar Aplikasi Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul