Kab Sleman

SATRIYA Jadikan Pemkab Sleman Pelayan Prima

0
Hari Jadi Sleman
Pemkab Sleman

STARJOGJA.COM, Sleman – Sekertariat Daerah Kabupaten Sleman melakukan sosialisasi Nilai – Nilai Budaya Pemerintahan “SATRIYA ” di Aula Setda Kabupaten Sleman. Acara ini dilakukan demi tercapainya keberhasilan transformasi birokrasi serta mendukung tercapainya tujuan organisasi dan pelayanan kepada masyarakat yang prima

Tata Nilai Budaya yang ada dalam SATRIYA, bertujuan sebagai pedoman pelaksana bagi setiap warga masyarakat saat bertingkah laku dan melaksanakan pembangunan di daerah.

“Budaya Pemerintah yang ideal harus sejalan dengan tindakan-tindakan organisasi, mulai dari kepemimpinan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga pertanggung jawaban dalam pelaksanaan,” kata Sekertaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi Rabu (12/9/2018).

Baca Juga : Pemkab Berikan Uang Saku 9 atlet Asian Games 2018 asal Sleman

Pelaksanaan Budaya Pemerintahan “SATRIYA” ini Pemkab Sleman berdasarkan Peraturan Bupati No. 14 Tahun 2018 dan Peraturan Gubernur yaitu Peraturan Gubernur Nomor 72 Tahun 2008 tentang Budaya Pemerintahan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Budaya Pemerintahan “SATRIYA” ini, merupakan bentuk komitmen Pemeritah Daerah DIY dalam mencapai keberhasilan transformasi birokrasi yang berbasiskan pada nilai-nilai kearifan lokal DIY yaitu filosofi : Hamemayu Hayuning Bawana dan ajaran moral sawiji greget, sengguh ora mingkuh, serta semangat golong gilig.

Sumadi menyampaikan “SATRIYA” singkatan dari Selaras, Akal Budi Luhur, Teladan-keteladanan, Rela Melayani, Inovatif,, Yakin dan Percaya Diri, Ahli-Profesional merupakan butir-butir dari falsafah Hamemayu Hayuning Bawana. Itu artinya memiliki makna  pengertian luhur, yaitu kewajiban melindungi, memelihara serta membina keselamatan dunia dan lebih mementingkan berkarya untuk masyarakat daripada memenuhi ambisi pribadi.

“Dunia yang dimaksud mencakup seluruh aspek kehidupan, yaitu dalam skala kecil (keluarga), maupun masyarakat dan lingkungan hidupnya, dengan mengutamakan darma bakti untuk kehidupan orang banyak, tidak mementingkan diri sendiri,” kata Sumadi.

Baca : Event Olahraga Lari Dongkrak Sektor Pariwisata Sleman

Sumadi menghimbau kepada para ASN diruang lingkup Sekda Sleman untuk menerapkan Budaya Kerja Satriya sehingga dapat berkerja secara ikhlas dalam melayani masyarakat.

“Budaya kerja Satriya dimulai dari Sekretariat Daerah sehingga dapat dicontoh untuk OPD yang ada di Kabupaten Sleman,” kata Sumadi.

 

Bayu

300-an KK di Prambanan Kekurangan Air Bersih

Previous article

Olahraga di Ruang Terbuka Yogyakarta Dimana?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman