FeatureKota JogjaNews

Waspadai Tingginya Curah Hujan di Akhir Desember

0
prediksi hujan
Ilustrasi Hujan (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – BMKG Yogyakarta mengimbau Waspadai Tingginya Curah Hujan di Akhir Desember. BMKG meminta masyarakat di Daerah Istimewa Yodyakarta (DIY) mewaspadai potensi hujan dengan intensitas tinggi memasuki sepuluh hari terakhir Bulan Desember 2018.

“Hujan dengan intensitas tinggi akan berpeluang muncul di kisaran dasarian (sepuluh hari) ketiga Desember 2018,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiono di Yogyakarta, Kamis.

Menurutnya selain disebabkan musim hujan, hujan dengan intensitas tinggi juga dipicu adanya aliran udara dingin dari Asia (Monsun Dingin Asia) yang masuk ke wilayah Indonesia. “Aliran udara dingin itu menyebabkan terjadinya area konvergensi atau belokan angin sehingga memungkinkan terbentuknya awan-awan hujan,” sebutnya.

Menurut dia, setelah hujan intensitas tinggi yang diperkirakan terjadi hingga akhir Desember, selanjutnya memasuki Januari 2019 masyarakat sudah harus mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang berpotensi muncul.

“Mengingat puncak musim hujan akan terjadi pada Bulan Januari sampai Februari 2019,” kata Djoko.

Oleh sebab itu, ia menghimbau masyarakat mengantisipasi bencana yang berpotensi terjadi seiring hujan dengan intensitas tinggi seperti banjir, longsor, dan angin kencang terutama di wilayah rawan bencana tesebut.

sumber : Antara

Selama Liburan, UPT Malioboro Tambah Personil Kebersihan

Previous article

PKL Malioboro Harus Bawa Tempat Sampah Sendiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature