News

Kim Jong-Un Siap Bertemu Trump Lagi

0
Kim Jong-Un

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pertemuan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan kembali dilaksanakan. Pertemuan ini untuk mewujudkan tujuan bersama menyangkut penghapusan senjata nuklir di Semenanjung Korea.

Namun, Kim memperingatkan ia mungkin akan mengambil langkah lain jika AS terus menerapkan sanksi dan tekanan terhadap negaranya.

“Saya selalu siap duduk bersama dengan presiden AS kapan pun nanti, dan akan bekerja keras untuk membuat hasil yang diterima oleh masyarakat internasional tanpa ada kegagalan,” kata pidato menyambut Tahun Baru Kim seperti dikutip dari Antara Selasa (1/1/2019).

Baca Juga : UGM Kenalkan Alat Mesin Pertanian Korea Pada Petani Bantul

Kim Jong-Un mengatakan denuklirisasi merupakan “kemauannya yang tegas” dan Korea Utara telah menyatakan tidak akan lagi membuat dan menguji coba senjata nuklir ataupun menggunakan dan mengembangkannya. Pyongyang sudah mengambil berbagai langkah nyata dan jika Washington menanggapi dengan langkah-langkah yang bisa dipercaya.

Namun, Kim Jong-Un juga memperingatkan bahwa Korea Utara kemungkinan akan terpaksa mempertimbangkan langkah baru melindungi kedaulatannya jika Amerika Serikat berupaya memaksakan kehendak secara sepihak.

“Terhadap kita dan tidak mengubah sikap soal tekanan dan sanksi-sanksi yang diterapkannya,” ktanya.

Trump pun menulis di Twitter, bahwa ia akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara itu.

“Saya juga menantikan pertemuan dengan Ketua Kim, yang dengan baik merealisasikan bahwa Korea Utara memiliki potensi ekonomi besar!,” katanya.

Trump pernah mengatakan bahwa pertemuannya yang kedua kali dengan Kim kemungkinan akan berlangsung pada Januari atau Februari tahun ini. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tahun lalu beberapa kali berkunjung ke Pyongyang namun AS dan Korea Utara belum menjadwalkan kembali pertemuan antara dirinya dan pejabat tinggi Korut Kim Yong Chol setelah pertemuan tiba-tiba dibatalkan pada November.

Dalam pertemuan bersejarah mereka di Singapura pada Juni tahun lalu, Kim dan Trump menyatakan tekad menjalankan langkah menuju penghapusan senjata nuklir serta membangun perdamaian. Namun sejauh ini, tekad keduanya itu belum menghasilkan kemajuan besar.

Ini Ancaman Bencana yang Dominan di Tahun 2018

Previous article

KPK Mulai Borgol Para Tahanan Korupsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News