Esai

Jangan Takut Mencoblos !

0
Pemilu Myanmar
Ilustrasi Pemungutan SUara ( FOTO : Desi S / Harian Jogja )

STARJOGJA.COM. OPINI – Jangan Takut Mencoblos ! Harus terwujud di pemilu ini.  Karena Antusiasme memberikan suara bisa jadi tolak ukur kesuksesan pemilu.

Ada harapan kuat bahwa Pemilu 2019 yang tinggal sehari ini akan sukses besar jika melihat adanya antusiasme tinggi dalam diri pemilih utamanya di luar negeri. Jangan Takut Mencoblos !

Luar biasa, kata ini rasanya pas untuk menggambarkan antusiasme WNI di mancanegara. Mereka begitu bersemangat menggunakan hak pilih. Beragam rintangan yang menghadang tak mampu menghalangi kuatnya keinginan mereka untuk menjatuhkan pilihan.

Di sejumlah negara, pemilih juga harus menempuh jarak yang tak dekat untuk datang memberikan suara. Mereka mesti antre berjam-jam dari subuh untuk bisa memilih. Meski demikian, mereka rela menapaki segala kendala demi menggunakan hak yang diberikan negara.

Tingkat partisipasi di hampir seluruh negeri tempat mereka kini berdomisili pun melambung tinggi. Di Hongaria, misalnya, tingkat partisipasi tembus 95%, nyaris 100%. Di Berlin, Jerman, 93,7% pemilih menggunakan hak pilih. Malahan di Brasilia, Brasil, seluruh WNI yang berhak memilih menggunakan hak pilih mereka.

Berkaca dari kondisi ini, boleh kita menyebut jika Pemilu 2019 sangat dinantikan. Antusiasme pemilih di luar negeri tak cuma memperlihatkan tingginya gairah masyarakat menggunakan hak, tapi juga sesungguhnya menunjukkan pula besarnya rasa tanggung jawab rakyat.

BACA JUGA : Pemerintah Siap Bantu KPU Sukseskan Pemilu

Semangat inilah yang seharusnya bisa terbawa ke masyarakat Indonesia di tanah air. Jangan sampai kalah antusias untuk memberikan suaranya di Rabu 17 April 2019. Jumlah pemilih yang besar harus juga diimbangi dengan semangat menggunakan suaranya untuk Indonesia 5 tahun ke depan

Inilah saatnya kita sebagai rakyat biasa menjadi pemain utama yang menentukan siapa saja yang layak menjadi pemimpin sekaligus pelayan masyarakat.Kita lah yang berwenang untuk menyingkirkan yang tak bisa bekerja dan memilih yang terbukti bekerja. Inilah momentum bagi rakyat menunjukkan rasa tanggung jawab agar perjalanan bangsa berada di trek yang benar hingga lima tahun mendatang.

Menggunakan hak pilih ialah ritual menggembirakan sehingga wajib dijauhkan dari suasana yang menakutkan dan dihindarkan dari provokasi atau intimidasi. Tidak ada alasan bagi setiap pemilih untuk tidak menggunakan hak pilih.

Ayo datang ke TPS Karena pemilu itu adalah hajat kita bersama. Pemilu adalah pesta penuh kegembiraan dalam memberikan suaranya.

Selamat Mencoblos ! Jangan Golpus

Warung Konco Ndeso, Serasa di Rumah

Previous article

SUARA INDONESIA : Liputan Pemilu 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai