Warung Konco Ndeso, Serasa di Rumah

0
Warung Konco Ndeso
Warung Konco Ndeso (starjogja.com)
STARJOGJA.COM, Sleman – “Sugeng rawuh… Monggo pinarak,” begitu sapaan pegawai Warung Konco Ndeso saat kami tim Starjogja.com melangkahkan kaki ke warung ini.

Warung yang ada di Jombor ini menyambut dengan salam kehangatan ala warga di pedesaan. Sesuai dengan konsep yang disuguhkan, menu makanan yang ada di Warung Konco Ndeso ini pun mengusung unsur Jawa Klasik rumahan.

Alunan musik jawa dan pegawai yang menggunakan baju lurik makin menambah kesan Ndeso dari warung ini. Berasa beda dengan aneka bangunan modern dan kokoh di sekitar fly over Jombor. Dari sini kita juga bisa menikmati lalu lalang bus antar kota yang datang dan pergi dari terminal Jombor Sleman.

Baca Juga : Es Goreng Pak Gatot Kuliner Unik Alkid Yogyakarta

Saat datang, kami dihadapkan pada kokohnya bangunan Joglo yang megah dipadu dengan penampilan khas rumah di pedesaan. Meja panjang-panjang dilengkapi kursi kayu atau kursi rotan siap dipilih para tamu yang datang. Aneka ornamen serta sepeda tua menjadi ciri khas menonjol.

Setelah memilih tempat, kita langsung berhadapan dengan snack ceriping singkong dalam toples kaca jadul alias Lodhong. Ada juga  4 piring, kalau saya nyebutnya “piring blek”..atau semacam seng yang ngingetin saya dengan piring-piring simbah saya di sekitar 30 tahun silam.

Menu andalan dari warung ini adalah berbagai macam jenis sayur khas rumahan Jawa. Antara lain oseng tempe, tumis daun pepaya, sayur sop, dan sebagainya. Nasinya pun bisa memilih antara nasi merah atau nasi putih biasa.Tak lupa hadir pula ayam goreng kampung, ikan nila, telur dadar, serta berbagai jenis makanan lain sebagai lauk. Termasuk pisang goreng.

“Kita tidak menggunakan MSG sama sekali untuk semua makanan. Lauk-pauknya pun kita buat langsung setelah diambil, bukan dari bahan beku,” jelas Azis, Bagian Operasional Warung Konco Ndeso, akhir pekan lalu.

Menurutnya, untuk seporsi nasi dan sayur, pengunjung bisa menikmati sepuasnya hanya dengan harga Rp12 ribu rupiah. Ada 6 jenis sayur yang bisa diambil dengan harga tersebut

“Dengan harga segitu pengunjung masih boleh menambah lagi tanpa dibatasi. Menu sayurnya tiap minggu diganti,” jelasnya.

Ada dua macam nasi, nasi putih  dan nasi beras merah. Sayurnya, ada beberapa macam, dengan pilihan menu ala  dapurnya masyarakat desa seperti lodeh, bening, asem-asem dan juga sop.

Untuk lauknya Anda tinggal dipilih, mulai dari ayam goreng, ayam kukus, nila goreng, hingga udang goreng. Untuk camilannya, ada pisang goreng hingga kepala ayam goreng . Yang menjadi favorit, Tigan dadar. Tigan atau telur dadar crispy ini tentunya bisa juga jadi lauk.

” Lauk ayam goreng kampung , nila goreng dan telur cripsy paling laris. Semua lauk langsung dimasak. Kalau untuk camilan ada juga yang langsung digoreng ditempat,” lanjutnya.

Untuk minuman, ada menu spesial berupa Es Cincau yang segar. Selain itu ada pula berbagai jenis wedangan, teh dan kopi tubruk.

” Es WKD jadi salah satu minuman favorit kami. Ini sirsat dicampur dengan kelapa. Selain itu jahe geprek juga banyak dicari. Gula batu jadi pelengkap yang tersaji secara terpisah,” katanya.
Warung Konco Ndeso (starjogja.com)
Saat mencoba, Rasa sayurnya memang terasa sangat alami dan segar. Asinnya pun pas. Begitu juga dengan lauk-pauknya. Telur dasarnya pun berwarna cerah, menunjukkan minyak goreng yang digunakan masih tergolong baru. Telur dadarnya pun tebal namun empuk di dalamnya.

Penasaran ? Silahkan datang ke Warung Konco Ndeso
Jl. Magelang KM 6,8, Sinduadi, Mlati, Mlati Beningan, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman.Buka mulai jam 09.00 – 21.30 ( last order).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here