Hadapi Musim Lebaran, Siapkan Jalan Jogja Satu Jalur

0
11
jalur mudik di Sleman
Macetnya jalanan menuju Malioboro (harianjogja)

STARJOGJA.COM, Kota Jogja – Menghadapi musim lebaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengkaji rekayasa dan manajemen lalu-lintas. Wakil Wali Kota, Heroe Poerwadi menjelaskan, Pemkot berencana memberlakukan sistem jalan Jogja satu jalur untuk mengantisipasi padatnya lalu-lintas di Kota Jogja.

Nantinya masing-masing akan memiliki jalurnya sendiri, sehingga kemacetan dapat diminimalisir. Ia telah berkoordinasi dengan Dishub Jogja, untuk menguji coba sistem jalan Jogja satu jalur pada momen lebaran besok.

Hasil dari uji coba ini nantinya akan diterapkan menjadi kebijakan regular apabila berhasil dan tidak menemui masalah signifikan. Sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, karena kebijakan ini akan melibatkan area di luar Kota Jogja, seperti Ringroad, Jalan Magelang Jalan Solo dan sebagainya.

Baca Juga : Pengemis Bawah Umur Masih Ada di Jalanan Jogja

“Belum bisa kami tentukan juga titiknya dimana saja, masih kami kaji dengan tim dari provinsi,” katanya Selasa (14/5/2019).

Plt Dishub Jogja, Wirawan Hario Yudho, membenarkan akan diberlakukannya rekayasa dan manajemen lalu-lintas selama lebaran nanti. Selain itu, sejumlah persiapan juga akan dilaksanakan seperti pemasangan rambu-rambu dan ram cek pada bus.

Ram cek akan dilakukan pada semua bus yang beroperasi di Kota Jogja. Di situ, akan diperiksa seluruh kelayakan bus, mulai dari kondisi bus, sopir, kelengkapan surat-surat dan lainnya. Ia mengatakan agenda ini kemungkinan baru akan dilaksanakan minggu depan.

Sementara untuk pelaksanaan rekayasa dan manajemen lalu-lintas lebaran, akan mulai diterapkan pada H-7 hingga H+7. Ia memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Jumat (31/5/2019). Saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Dishub DIY.

“Kami sudah punya tawaran, tapi masih kami koordinasikan dengan provinsi, belum bisa diputuskan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here