Kota JogjaNews

Kunjungan Wisman ke DIY Turun 6,05 %

0
Cavid-19 Pemerintah
Ilustrasi wisatawan asing ( FOTO : Vikra Jati)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY melalui pintu masuk Adi Sutjipto turun 6,05% dibanding jumlah kunjungan wisman pada bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Johanes De Britto Priyono mengatakan pada April 2019, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY melalui pintu masuk Adi Sutjipto mencapai 9.980 kunjungan atau turun 6,05% dibanding jumlah kunjungan wisman pada bulan sebelumnya yang berjumlah 10.623 kunjungan.

Persentase penurunan juga terjadi apabila dibandingkan dengan April 2018, yaitu dengan penurunan sebesar 12,72%. Penurunan jumlah wisatawan mancanegara juga terlihat pada periode Januari hingga April 2019 jika dibandingkan dengan periode Januari hingga April 2018 yaitu sebesar 21,69%.

Baca juga: Wisatawan Pantai Selatan Diserang Ubur-ubur

Sementara 10 Negara asal wisatawan mancanegara yang mendominasi kunjungan ke DIY pada periode Januari hingga April 2019 yaitu Malaysia, Singapura, Tiongkok, Jerman, Amerika Serikat, Perancis, India, Jepang, Inggris, dan Australia. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari sepuluh negara tersebut mencapai 79,20% jumlah seluruh kunjungan wisatawan mancanegara ke DIY selama Januari hingga April 2019.

Dari 10 besar negara dengan tingkat kunjungan terbanyak tersebut, sebagian mengalami penurunan tingkat kunjungan. Penurunan paling besar berasal dari Singapura sebesar 23,44%, diikuti oleh Malaysia dan Jepang dengan penurunan berturut-turut sebesar 14,35% dan 12,29%. Meski begitu, kunjungan wisatawan dari beberapa negara mengalami kenaikan, seperti dari Perancis dan Inggris, dengan kenaikan berturut-turut sebesar 97,35% dan 44,65%.

Alasan Pantai Gunungkidul Tidak Semua Dibuka Umum

Previous article

Cara Jukir Nuthuk Tarif Parkir di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja