Kota JogjaNews

PMI Hanya Bagikan Masker Hanya Saat Mendesak

0
pos pertolongan

STARJOGJA.COM, JOGJA – PMI Hanya Bagikan Masker Hanya Saat Mendesak. PMI DIY menyatakan persediaan masker saat ini aman.Mereka hanya akan membagikannya kepada masyarakat saat betul-betul diperlukan.

“Stok masker digunakan saat benar-benar dibutuhkan,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi PMI DIY Warjiyani dikutip dari antara.

Warjiyani menilai munculnya wabah Covid-19 bukan kondisi yang mendesak untuk membagikan masker kepada masyarakat. Sebab, masker pada dasarnya lebih dibutuhkan oleh tenaga medis atau orang yang sedang flu.

BACA JUGA : Polda DIY Patroli Siber Antisipasi Penimbunan Masker

Menipisnya stok dan naiknya harga masker di sejumlah apotek di Yogyakarta, menurutnya, hanya disebabkan oleh aksi beli masyarakat yang panik dengan isu virus yang awalnya berasal dari Wuhan, China, itu.

“Karena yang diwajibkan memakai masker adalah orang yang sedang sakit (batuk, flu) dan tenaga medis yang merawat serta kontak langsung dengan pasien,” kata dia.

Yani mengatakan Persediaan masker yang ada  lebih diperlukan untuk mengantisipasi apabila terjadi erupsi Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Oleh sebab itu, ia mengatakan terkait pencegahan potensi penularan COVID-19, PMI DIY lebih memilih menggencarkan edukasi kepada masyarakat mengenai pola hidup bersih dan sehat, dibandingkan membagikan masker.

Pembagian masker hanya ditujukan untuk pasien yang mengalami gejala flu atau batuk yang sedang berobat di klinik PMI.

Pasar dan Terminal akan Dilengkapi Hand Sanitizer

Previous article

Hilang 3 Hari, Mbah Sumijem Ditemukan Selamat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja