Kota JogjaNews

Dinsos DIY Salurkan Sembako Untuk Warga Terdampak Corona

0
sembako warga terdampak corona
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM. JOGJA. Dinsos DIY Salurkan Sembako Untuk Warga Terdampak Corona. Selama dua bulan, 76.261 Kepala Keluarga (KK) di lima Kabupaten/Kota DIY akan mendapat bantuan sembako akibat pandemi Covid-19. Bantuan sembako warga terdampak corona ini rencananya diberikan kepada warga kurang mampu yang perekonomiannya terdampak pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19

Kepala Bidang penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY Agus Setyanto menyebut, bantuan untuk 76.261 KK tersebut berbentuk sembako sebesar Rp 625 ribu untuk satu KK. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk sembako agar mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Mengingat, masyarakat harus mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Hitungannya empat anggota keluarga. Kalau satu rumah hanya ada tiga anggota, ya itu semua sudah menjadi hak mereka yang menerima,” katanya

Agus mengatakan Jumlah penerima bantuan tersebut bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Seleksi bagi penerima tersebut akan melihat basis data terpadu (BDT) yang biasa digunakan untuk program perlindungan sosial. Melalui data tersebut kemudian akan diseleksi dari data rumah tangga miskin atau dikenal dengan Desil 1 sampai Desil 10.

Program ini akan memprioritaskan Desil 1 sampai Desil 5 karena tingkat kesejahteraannya sampai terendah. Pendataan akan melibatkan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) untuk turun ke kelurahan kemudian ke pedukuhan hingga ke RT.

“Misal buruh yang dia terhambat pekerjaannya akibat corona, tidak punya pemasukan sama sekali, bisa dimasukkan. Mereka ini warga yang belum sama sekali menerima bantuan baik itu BPNT maupun PKH,” imbuh dia.

Skema penyaluran tersebut nantinya melalui tim Gugus Tugas tiap-tiap daerah, lalu disalurkan melalui pemerintah desa. Ia mengatakan, bantuan tersebut akan berjalan hingga masa tanggap darurat Covid-19 Nasional dicabut.

“Sembako itu bisa diwujudkan dalam telur, beras dan kebutuhan pokok lainnya. Maka, kami temukan angka Rp 625 ribu itu,” paparnya.

Agus mengatakan penyaluran bantuan ini akan mengedapankan protokol kesehatan yang ada, yakni menghindari adanya kerumunan massal. Pengadaan sembako juga diharapkan bisa melibatkan masyarakat guna mendorong tetap terjaganya aktifitas ekonomi di tengah masyarakat.

Di Kulonprogo Ujian Sekolah Ditiadakan

Previous article

Ini Alasan Vanessa Angel Dijemput Paksa Polisi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja