Flash Info

Kabar Kim Jong Un Kritis Diragukan

0
provokasi korea utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melambai dari kereta saat ia berangkat ke pertemuan puncak di Hanoi, di Pyongyang, Korea Utara dalam foto ini yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara pada 23 Februari 2019. - Reuters

STARJOGJA.COM, Info – Negara-negara tetangga Korea Utara, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan, meragukan kabar Kim Jong un dalam kondisi kritis usai menjalani operasi kardiovaskular.

Mereka memilih untuk menyelidiki lebih lanjut soal informasi intelijen yang kabarnya didapatkan oleh pejabat Amerika itu. Salah satu negara yang meragukan hal tersebut adalah Jepang.

Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi, mengatakan bahwa pemerintahannya akan menggunakan segala upaya untuk mengonfirmasi kabar kritisnya pemimpin Korea Utara.

“Kami akan berupaya sekeras mungkin dan menganalisa segala informasi yang ada. Kami juga akan bekerjasama dengan Amerika dan negara lainnya,” ujar Motegi sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters, Selasa (21/4/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh pemerintah China. Perwakilan dari Depertamen Internasional Partai Komunias China menyampaikan bahwa pihaknya tidak percaya Kim Jong-un benar-benar kritis. Menurut mereka, info intelijen yang beredar tidak akurat.

Sementara itu, Pemerintah Korea Selatan membenarkan bahwa Kim Jong-un baru saja menjalani operasi Kardiovaskular pada 12 April lalu. Namun, dia tidak dalam kondisi kritis. Mengacu pada berita dari Daily NK, media lokal Korea Selatan, Kim Jong-un sedang menjalani perawatan di rumah peristirahatannya yang terletak di Gunung Kumgang.

“Sejauh yang kami tahu, dia memang menderita penyakit kardiovaskular sejak Agustus tahun lalu. Kondisinya memburuk usai berkunjung ke Gunung Paektu,” ujar sumber pemerintahan Korea Selatan sebagaimana dikutip dari Reuters.

Uniknya, pejabat di Amerika juga ikut meragukan info yang tersebar tersebut. Salah seorang pejabat, yang memahami internal pemerintah Amerika, mengatakan bahwa kalaupun Kim Jong-un benar sakit, info itu tidak akan dibuka ke publik karena terlalu sensitif.

“Segala informasi yang kredibel tentang Kim Jong-un adalah informasi intelijen yang sensitif dan tidak akan semudah itu dibuka ke publik,” ujarnya, yang enggan disebutkan namanya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Sebagai catatan, kabar soal sakitnya Kim Jong-un dipicu absennya dia dari ulang tahun kakeknya pada tanggal 15 April lalu.

Sumber : JIBI

Ini Penjelasan Kenapa Lansia Rentan Kena Corona

Previous article

Dipercaya Sebar Corona, BTS 5G Dibakar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info