Kota JogjaNews

Kapolda DIY : Mudik di Stasiun KA Aman dan Lancar

0
Mudik di Stasiun KA

STARJOGJA.COM, JOGJA – Mudik di Stasiun KA Aman dan Lancar. Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., meninjau arus mudik di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, kamis pagi (20/4/2023). Dalam peninjauannya tersebut, Kapolda memastikan situasi arus mudik di stasiun berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Dalam pengecekannya, Kapolda didampingi Ka Daops 6 PT KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dan beberapa PJU Polda DIY.

Irjen Suwondo mengatakan, sampai saat ini, arus mudik yang meninggalkan Yogyakarta masih lebih besar prosentasinya dibanding arus mudik ataupun masyarakat yang masuk ke wilayah Yogyakarta.

“Kita melihat bahwa situasinya tertib, kepadatan khususnya ketertiban, dan saya lihat tadi tidak ada situasi yang tidak nyaman bagi pengunjung. Demikian juga bagi yang tiba, tidak terjadi penumpukan di 1 titik,” katanya.

Kapolda menjelaskan, Kepolisian juga melakukan pendekatan dialogis. Seperti menyapa kepada para penumpang yang turun dari kereta api. Semisal apabila membawa anak kecil, agar tetap memperhatikan kewaspadaan, dan kesadaran untuk dapat menjaga diri sendiri, dan keluarga.

“Saya tadi melihat masih banyak pemudik yang setiap anak (juga) membawa barang bawaan. Ini sangat membahayakan apabila terfokusnya ke barang, sementara ada anak kecil yang masih harus dilakukan pengamanan (pengawasan dari orang tua). Saya menghimbau, pastikan barang dan anggota keluarga dapat terkendali dan teratur sehingga bisa terjaga keluarganya,” sambungnya.

Setelah memeriksa dan memastikan kesiapan Pospam dan Posyan, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., melihat langsung situasi Stasiun Tugu dan Terminal Giwangan, Yogyakarta. Rabu 19 April 2023.

Seperti diketahui, Kereta Api dan Bus Antar Kota menjadi moda transportasi yang diminati sebagian besar pemudik, selain kendaraan pribadi dan pesawat terbang. Stasiun Tugu dan Terminal Giwangan yang merupakan stasiun besar tentu akan mengalami lonjakan penumpang.

Pada musim mudik Lebaran 2022, tercatat sebanyak 14.600 penumpang turun di Stasiun Tugu Yogyakarta saat puncak mudik. Sedangkan di Terminal Giwangan pada tahun ini diprediksi akan ada sekitar 30.000 penumpang turun setiap harinya di musim mudik lebaran ini.

Untuk membantu pengamanan di dua tempat ini, Polda DIY menurunkan petugasnya untuk penguatan keamanan selama musim mudik lebaran 2023 ini.

SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah, Catat Lokasinya!    

Previous article

OPINI : Mengapresiasi Ketegasan Pemerintah Berantas KST Papua

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja