Kota JogjaNews

BMKG: Gempa di DIY merupakan gempabumi menengah

0
status darurat bantul
FOTO : Istimewa

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gempa di DIY merupakan gempabumi menengah. Demikian penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika terkait peristiwa semalam. BMKG menyebut bahwa gempabumi tektonik dengan magnitudo 6,4 yang mengguncang Samudera Hindia selatan DIY pada Jumat (30/6) pukul 19.57.43 WIB merupakan gempabumi menengah.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam siaran persnya, Jumat malam.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi dengan magnitudo 6,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,63 LS, 110,08 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 KM arah Selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 67 KM.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul menyatakan gempa bumi semalam menyebabkan kerusakan bangunan di 12 kecamatan daerah itu.

“Kejadian gempa bumi tersebut menyebabkan dampak kerusakan bangunan di 35 lokasi yang tersebar di 12 kapanewon (kecamatan) yang ada di Kabupaten Bantul,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto dalam keterangan pers di Bantul, Sabtu Pagi.

Rincian dampak di 35 lokasi tersebut yaitu Kecamatan Bambanglipuro satu lokasi, Dlingo dua lokasi, Imogiri tiga lokasi, Jetis satu lokasi, Kasihan dua lokasi, Kretek lima lokasi, Pajangan satu lokasi, Pandak satu lokasi, Piyungan satu lokasi, Pleret satu lokasi, Pundong tiga lokasi, dan Sanden 14 lokasi.

Dia mengatakan kejadian gempa bumi tersebut juga menyebabkan korban sebanyak tujuh orang, satu orang meninggal dunia disebabkan oleh serangan jantung saat terjadinya gempa bumi dan enam orang lainnya mengalami luka ringan.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Gunungkidul melaporkan adanya kerusakan Taman Budaya hingga rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa bumi semalam.

Salah seorang anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi mengatakan, berdasarkan informasi dan laporan yang masuk ke BPBD, yakni Taman Budaya Gunungkidul, Dinas Pendidikan, Pasar Argosari, Kantor BDG, Rusunawa, Polres Gunungkidul dan beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

SUMBER : ANTARA

Ini Aplikasi Edukasi Untuk Isi Liburan Sekolah

Previous article

Ratusan Bangunan Rusak Terdampak Gempa Semalam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja