EsaiNews

OPINI : Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Kenali Baik Seluruh Peserta Pemilu

0
KPPS meninggal dunia
Ilustrasi Pemungutan SUara ( FOTO : Desi S / Harian Jogja )

STARJOGJA.COM, OPINI – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Lolly Suhenty mengajak kepada pemilih pemula, khususnya mereka yang merupakan berasal dari kalangan kaum santri, untuk juga jauh lebih turut berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh proses serta rangkaian berjalannya Pemilihan Umum mendatang.

Menurutnya, pelaksanaan kontestasi politik itu juga merupakan milik dari seluruh kalangan, termasuk juga para pemilih pemula yang merupakan generasi muda hingga juga termasuk menjadi milik dari kaum santri pula. Maka dari itu, sangat penting kepada semua pihak mampu memahami dan juga mengawasi pelaksanaan Pemilu agar jangan sampai terjadi manupulasi suara.

Agar para pemilih pemula itu tidak salah pilih ke depannya, maka hendaknya mereka semua harus mampu untuk menggali informasi sebanyak mungkin terkait dengan bagaimana mekanisme dalam pencoblosan hingga yang paling penting adalah menggali informasi mengenai siapa sosok calon pemimpin yang hendak mereka pilih.

Hal senada juga terus digencarkan oleh Bawaslu Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar). Ketua Bawaslu Kalbar, Yesi Mayasanti mengajak kepada semua pemilih pemula di daerah perbatasan, yakni Sajingkan Besar, Indonesia – Sarawak, Malaysia untuk bisa mengikuti hingga mengawal setiap proses berjalannya pemilihan umum.

Penting pula menyampaikan kepada para pemilih pemula itu agar mereka jangan sampai termakan dengan adanya berbagai macam kampanye negatif yang bertebaran di media sosial termasuk juga dari pihak peserta pemilu atau tim pemenangan tertentu. Para pemilih pemula juga diharapkan untuk tidak menyebarkan informasi yang sama sekali belum tentu bisa dikonformasi akan kebenarannya.

Sosialisasi juga terus digencarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melakukan sosialisasi ke sebanyak 160 pelajar SMA se-derajat di Kabupaten Fakfak Papua Barat. Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Fakfak, Nur Hasmiah menyebutkan bahwa tujuan dari diadakannya sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan rangkaian informasi kepada para pemilih pemula terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024.

Penyuluhan lain juga dilakukan oleh KPU Kota Banjar yang melaksanakan sosialisasi kepada sebanyak ratusan pemilih pemula. Mereka menggandeng para jurnalis untuk bisa memberikan sosialisasi mengenai bagaimana caranya untuk menangkal adanya berita hoaks seputar Pemilu 2024.

Nasib bangsa ini berada di tangan para generasi mudanya, yang mana menjadi pemilih pemula dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Maka dari itu, bagaimana kebaikan dari nasib bangsa ini mendatang, seluruhnya juga menjadi tanggung jawab bersama, sehingga hendaknya para pemilih pemula harus benar-benar mengetahui dengan pasti siapa sosok pemimpin yang hendak mereka pilih, bukan berasal dari ajakan pihak lain atau disertai dengan adanya intervensi, melainkan murni dari hasil riset yang dilakukan dan berasal dari hati nurani masing-masing.

Oleh : Arzan Malik Narendra – Penulis merupakan Analis pada Lembaga Siber Nusa

Enchanted Forest Wonderland Hanya ada di Sheraton Mustika Yogyakarta

Previous article

Boleh Dicoba Digital Support Pelaku Usaha Bersaing di Digital

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai