Kota JogjaNews

Standar Pelayanan Minimal Di Sosialisasikan Lewat Film

0

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kampanye pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar melalui pemutaran serial film “MURID5” di Yogyakarta, Sabtu.

Serial web mulai episode pertama hingga 11 yang diputar di University Club UGM itu ditonton ratusan siswa serta guru SD/MI dan SMP/MTs di Yogyakarta dalam rangkaian acara “MURID5 Bergerak”.

“Film ini untuk menumbuhkan kesadaran publik bahwa ada Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus dipenuhi lembaga pendidikan dasar,” kata Tim Kampanye SPM Dikdas Israr Ardiansyah seusai pemutaran film.

Israr mengatakan sesuai Peratutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2013, lembaga pendidikan dasar SD-SMP di kabupaten/kota harus mampu memenuhi 27 indikator Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar.

Sebanyak 27 indikator SPM Dikdas tingkat SD/MI dan SMP/MTs itu meliputi sarana prasarana pendidikan yang layak, pendidikan dan tenaga pendidikan yang berkualitas dan kompeten, kurikulum yang baik, serta penjaminan mutu pendidikan yang baik.

Ia mencontohkan 27 indikator SPM antara lain mencakup penyediakan buku paket kepada siswa sebab sesuai SPM Dikdas seluruh siswa baik SD/SMP swasta maupun negeri harus mendapatkan buku paket yang layak dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.(ANT)

Sungai di Jogja Masih Rawan Meluap

Previous article

Ini Ciri Tiket Wisata Asli

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja