Flash InfoLifestyle

CAPD pilihan bagi penderita gagal ginjal

0

StarJogja.com, JOGJA – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital. Sehingga perlu di jaga untuk tetap sehat agar bisa beraktifitas normal. Bagi penderita gagal ginjal atau mengalami kelainan ginjal bisa beraktifitas seperti orang pada umumnya. Hal ini bisa dilakukan dengan pola hidup yang sehat dan disiplin agar kelainan ginjal yang dialami tidak menganggu aktifitas. Menurut  Donnie Satria (penderita gagal ginjal sekaligus pendiri Ginjal Kita) ada 3 penyokong hidup bagi penderita gagal ginjal:

1. Cuci darah rutin
2. CAPD (Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis)
3. Transplantasi ginjal

Anggun salah satu pengurus Ginjal Kita dan juga penderita gagal ginjal mengatakan, Cara CAPD (Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis) dipandang lebih praktis dari pada HD (Hemodialisis) atau lebih sering disebut cuci darah dan transplantasi ginjal. Pasien akan dipasang sebuah alat yang akan terpasang dengan memasukan alat ke rongga perut sebagai penghubung memasukkan obat. Dengan melakukan tiga penanganan tersebut penderita gagal ginjal mampu beraktifitas normal seperti pada umumnya.
Banyaknya kasus gagal ginjal di Jogja menjadi sebuah alasan Ginjal Kita berdiri, Ginjal Kita merupakan  yayasan independen non profit pemerhati pasien gagal ginjal. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang gagal ginjal, perilaku pasien gagal ginjal yang kurang tahu dengan kebiasaan atau perilaku yang seharusnya dilakukan oleh seorang penderita gagal ginjal. melakukan pendampingan kepada pasien gagal ginjal agar mendapatkan haknya secara utuh, terus dilakukan oleh yayasan Ginjal Kita. (AM)

Candi Banyunibo Keindahannya Tersembunyi di Hijaunya Tanaman

Previous article

Bebas visa dan Kemudahan Transportasi kunci tingginya kunjungan wisman ke Manado.

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info