Kota JogjaNews

Lansia DIY Didorong Tanggap Bencana

0

STARJOGJA.COM, JOGJA- Meski tidak lagi diusia produktif, para lanjut usia atau lansia perlu tetap dimotivasi untuk meningkatkan potensinya. Salah satu upaya meningkatkan potensi lansia adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lansia.

Sigit alifianto, Kasi Bantuan Sosial dan Korban Bencana Dinas Sosial DIY mengatakan perhatian terhadap lansia harus semakin ditingkatkan agar keluarga berkualitas dan sejahtera bisa terwujud. Peran keluarga untuk memberikan semangat dan mengembangkan potensi yang dimiliki para lansia sangat dibutuhkan. Selain untuk meningkatkan potensi lansia, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lansia, mereka masih bisa produktif.

Para lanjut usia atau lansia agar tetap waspada dan cepat tanggap terhadap bencana.pengenalan tanggap bencana terhadap para lansia ini perlu dilakukan. Setidaknya, agar lansia bisa menyelematkan diri mereka ketika terjadi bencana.

Masyarakat juga didorong untuk memberikan perhatian lebih kepada lansia. Sebab, lansia merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan dari perilaku tindak kekerasan.Selain karena secara fisik mereka sudah banyak mengalami kemunduran, lansia selalu dikonotasikan sebagai kelompok rentan yang selalu bergantung pada orang lain dan menjadi beban tanggungan keluarga, masyarakat, dan negara.

Untuk tahun 2018 peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di DIY, ditandai dengan rangkaian Bulan Bakti Lanjut Usia yang digelar selama Mei 2018,meliputi kegiatan lokakarya,bakti sosial bedah kamar lansia serta kegiatan puncak yang digelar pada 6 Mei.Puncak acara dimeriahkan dengan gelar senam lansia, festival kuliner hasil karya lansia dan upacara hari lanjut usia ,dipusatkan di Pantai Baru Poncosari Bantul.(NOV/DEN)

Tingkat Penghunian Kamar hotel Bintang Di Maret Turun

Previous article

Muslim Go: Aplikasi Panduan Ibadah Generasi Milenial

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja